5 Makanan Tinggi Vitamin B

Ani Rufaidah

foto by : nakita.grid

Setiap harinya tubuh kita membutuhkan vitamin dan nutrisi yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin B.

Vitamin ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel, melindungi sistem metabolisme dan sistem saraf serta meningkatkan energi agar kita dapat beraktivitas dengan baik.

Perlu kamu ketahui, Vitamin B sendiri terbagi menjadi 8 jenis yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12 atau yang biasa kita kenal dengan B Kompleks.

Vitamin B ini tentunya bisa kita dapatkan dari berbagai jenis sumber makanan dan minuman yang tersedia, berikut ini ada 5 jenis makanan yang dipercaya tinggi akan kandungan vitamin B, berikut penjelasannya

baca jugaManfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Daging Sapi

foto by : daherba.com

Kalau kamu ingin mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B, daging sapi ini menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Selain tinggi protein dan zat besi, daging sapi juga mengandung vitamin B12. Berdasarkan penelitian dalam 85 gram daging sapi terdapat kandungan vitamin B12 sebanyak 1.3 mcg.

Selain vitamin dan nutrisi, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi daging sapi ini. Daging sapi mengandung kadar kolesterol yang tinggi, jadi jangan mengonsumsinya secara berlebihan ya. Kombinasikan daging sapi dengan buah dan sayur yang sehat.

Kerang

foto by : pixabay.com

Makanan berikutnya yang kaya dengan kandungan vitamin B adalah kerang. Mengonsumsi kerang sebanyak 85 gram dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin B sebesar 15 persen.

Pastikan untuk mengonsumsi kerang dalam keadaan fresh ya, sebab makanan laut seperti kerang ini rentan terkontaminasi parasit.  Jangan lupa untuk memasak kerang hingga cangkangnya terbuka.

Baca Juga :  5 Jajanan yang Sehat yang Perlu Kamu Ketahui

Bayam

foto by : shutterstock

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, zat besi dan folat yang baik untuk tubuh.

Bayam juga jenis sayuran yang mudah diolah dan didapatkan karena hampir setiap pasar dan swalayan menjual bayam. Dalam mengolah bayam sebaiknya jangan terlalu lama, sebab hal itu mengakibatkan kandungan folat atau vitamin B9 nya akan hilang.

Ikan Salmon

foto by :ekstranews.com

Memang harga dari ikan yang satu ini cukup mahal ya di pasaran, tapi setara dengan kandungan nutrisi dan gizi yang diberikan. Salmon adalah salah satu jenis ikan yang tinggi dengan kandungan protein, asam lemak, omega 3 dan tentunya segala jenis kandungan vitamin B mulai dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6 hingga B12.

Mengonsumsi setidaknya 100 gram ikan salmon dapat mencukupi setengah dari kebutuhan vitamin B harian kamu. Maka tidak heran, jika ikan salmon ini sangat baik dikonsumsi oleh anak anak.

Kacang kacangan

foto by : ,masakapa.com

Makanan berikutnya yang tinggi dengan kandungan vitamin B nya adalah kacang kacangan. Jenis kacang kacangan Seperti kacang merah, kacang tanah, edamame, buncis memang banyak mengandung folat atau vitamin B9 yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah.

Tidak hanya dari sumber makanan hewani, ternyata vitamin B juga banyak terkandung pada sumber makanan nabati. Nah, kacang kacangan ini cocok sekali untuk dijadikan teman cemilan sehat kamu.

baca juga : Manfaat Bawang Putih 

Itu dia 5 jenis makanan yang dipercaya memiliki kandungan vitamin B yang tinggi, baik itu bersumber dari jenis makanan hewani maupun nabati.

Indonesia memang kaya dengan flora dan fauna nya termasuk dengan sumber makanannya. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk mencukupi kebutuhan Vitamin B harianmu ya.

Baca Juga :  Tips Mengolah Daging Dengan Baik Dan Benar

Artikel Terkait

Bagikan: