TIPS MENGOLAH DAGING DENGAN BAIK DAN BENAR

foto by : teras jabar.com

Daging adalah sumber protein hewani yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Selain protein, daging sapi juga mengandung vitamin C, zinc, fosfor, mineral dan zat besi yang penting untuk tubuh. Namun, jika kita keliru dalam mengolahnya daging justru bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.

Daging terutama sapi juga mengandung lemak dan kolesterol jahat yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Daging adalah sumber protein yang rentan sekali terkena bakteri dan parasit, maka dari itu dari proses menyimpan hingga mengolah daging, kita harus tahu betul tata caranya.

Berikut ini ada  beberapa tips mengolah daging dengan baik dan benar, untuk mengurangi dampak negatif yang bisa ditimbulkan :

Pertama, ketika membeli daging misalnya sapi yang ada dipasaran, pilihlah daging yang berwarna merah segar dan bersih. Hindari memilih daging yang pucat, kecoklatan dan berlendir.

Pilih bagian dari daging sapi yang sedikit lemak seperti bagian paha, sirloin, dan pinggang. Meskipun semua bagian dari daging dapat dikonsumsi asalkan kamu dapat memasaknya dengan metode yang tepat.

Tapi untuk umat Islam ada beberapa bagian dari daging yang haram untuk dikonsumsi seperti mata, darah, liver dan sejenisnya.

Kemudian, simpan daging sapi di dalam kulkas atau freezer untuk menjaga nutrisi dan kesegarannya. pastikan kondisi kulkas bersih ya, agar tidak ada bakteri yang masuk. kemudian ketika kamu menyimpannya dikulkas daging tidak perlu dicuci karena akan menyebabkan kandungan kadar air dalam daging meningkat.

foto by : resepkoki.id

Perlu  diperhatikan juga ya suhu penyimpanan daging itu berbeda, jika didalam kulkas daging sapi disimpan pada suhu 1 derajat celcius untuk penyimpan didalam freezer pada suhu -18 derajat celcius.

Daging sapi yang disimpan didalam feezer dapat bertahan lebih lama dua hingga tiga bulan. Simpan daging dalam wadah tertutup  misalnya dengan dibungkus alumunium foil untuk menghindari masuknya bakteri dalam daging.

Lalu, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih ketika ingin mengolah dan memasaknya, cuci daging dengan air bersih, gunakan pisau yang berbeda ketika kamu mengolah daging agar tidak ada perpindahan bakteri yang masuk, untuk menghilangkan cairan atau lendir berlebih pada daging, kamu bisa menggunakan tissue serap.

foto by : lifestyle kompas.com

Untuk menghindari bau khas daging kamu bisa menggunakan jeruk nipis atau kunyit. Agar daging lebih cepat masak potong daging menjadi kecil kecil.

Mengolah daging dengan baik dan benar dapat mengurangi dampak buruk bagi kesehatan dan kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

Perlu diperhatikan ya bahwa daging adalah jenis makanan yang tidak memiliki serat alami untuk tubuh. Maka dari itu, kamu perlu menyeimbangkan serat harianmu dengan mengonsumsi sayur dan buah, agar kebutuhan serat harianmu terpenuhi.

Mengonsumsi buah dan sayur dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan lemak jahat pada tubuh setelah mengonsumsi daging.

Itulah beberapa tips mengolah daging mulai dari membeli, menyimpan, mengolah hingga mengonsumsinya.

Semua bahan makanan pada awalnya baik untuk tubuh, mulai dari buah, sayur hingga daging memiliki manfaat dan kandungannya masing masing untuk tubuh. Asalkan kamu tahu cara mengolahnya dengan benar.

Lakukan pola makan yang seimbang tetap jauh lebih penting, empat sehat lima sempurna. ketika makan jangan hanya rasa saja yang perlu diperhatikan ya, tetapi kebersihan dan kandungan gizi yang ada di dalam makanan itu juga penting untuk kesehatanmu. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *