Upaya Meningkatkan Budaya Membaca

Upaya Meningkatkan Budaya Pembaca
Sumber; ParentiPacek dari Pixabay

Pepatah lawas mengatakan kalau “buku adalah jendela dunia.” Pepatah tersebut tentu sangat menggambarkan bagaimana kegiatan membaca buku bisa membuka jendela-jendela ilmu pengetahuan yang tertutup.

Sayangnya, minat baca di lingkungan masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Rendahnya minat baca ini dipengaruhi oleh beberapa faktor dan untuk menangani hal ini, tentu dibutuhkan beberapa upaya khusus. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Tanoto Foundation. Seperti apa bentuk upaya tersebut? Mari simak ulasannya berikut.

Pentingnya Budaya Membaca

Banyak hal positif yang akan didapatkan ketika menerapkan budaya membaca dalam kegiatan sehari-hari. Bukan hanya dalam hal wawasan saja, membaca sebenarnya juga punya manfaat yang lebih luas dari hal tersebut.

Pertama, membaca mampu membawa diri kita menjadi individu yang lebih berkualitas. Semakin banyak buku yang kamu baca, maka semakin banyak pula pengetahuan yang kamu serap. Dengan begitu, diri kamu tidaklah sama dengan diri kamu sebelum mengenal bacaan apapun.

Kedua, membaca juga bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju. Kenapa bisa begitu? Ketika semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya membaca, maka semakin banyak pula masyarakat yang punya wawasan lebih luas. Nah, hal ini tentu akan berimbas pada semakin tingginya kualitas SDM Indonesia. Inovasi-inovasi pun akan bermunculan dan pastinya akan membawa perubahan yang luar biasa untuk negara Indonesia di mata dunia.

Budaya Membaca di Indonesia

Setelah mengetahui pentingnya budaya membaca dalam keseharian dan untuk masa depan, kamu mungkin bertanya-tanya mengenai bagaimana budaya membaca di Indonesia. Sebenarnya, sudah banyak penelitian yang mengukur tingkat minat baca masyarakat di dunia dan Indonesia tergolong sebagai negara dengan minat baca yang cukup rendah. Misalnya saja dalam penelitian Program for International Student Assessment (PISA) yang dilakukan pada tahun 2015, Indonesia menduduki posisi 62 dari 70 negara yang disurvei.

Disamping itu, penelitian yang dilakukan oleh Central Connecticut State University (CCSU) juga menunjukkan Indonesia dalam peringkat yang rendah yaitu 60 dari 61 negera yang disurvei.Hasil penelitian tersebut tentu membuat prihatin, dan harus ada langkah perubahan yang dilakukan sebelum minat Indonesia benar-benar semakin turun dalam hal membaca.

Upaya Meningkatkan Budaya Membaca

Untuk mencegah rendahnya minat baca di Indonesia semakin menurun, tentu dibutuhkan berbagai upaya yang maksimal. Salah satunya dengan melakukan gerakan-gerakan yang menyadarkan betapa pentingnya budaya membaca dengan melibatkan peran aktif dari orang tua. Upaya ini digagas oleh Tanoto Foundation yang mana merupakan yayasan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto.

Misi utama dari Tanoto Foundation tidak lain adalah mengembangkan potensi dari setiap individu melalui pendidikan berkualitas. Salah satu target yang ingin dicapai oleh Tanoto Foundation adalah meningkatkan peringkat pendidikan Indonesia di kancah internasional. Sesuai dengan misi dan targetnya, maka tidak heran kalau Tanoto Foundation juga sangat peduli terhadap rendahnya minat baca Indonesia.

Pengenalan sejak dini akan pentingnya budaya membaca sangat patut untuk dilakukan. Dalam hal ini, keterlibatan orang tua menjadi hal yang sangat penting karena memang orang tualah yang mempunyai posisi paling dekat dengan anak.

Untuk itu, Tanoto Foundation mengadakan program #IndonesiaCintaMembaca dengan mengadakan kompetisi foto #MomenBacaBersama. Kompetisi ini akan melibatkan orang tua dalam mendampingi anak saat kegiatan membaca mereka. Para orang tua bisa mengunggah kegiatan membaca bersama mereka dalam bentuk foto atau video sekreatif mungkin di akun Instagram. Kompetisi ini pun telah dibuka sejak September kemarin dan akan ditutup pada Desember mendatang.

Nah, setelah melihat ulasan di atas, semakin jelas bukan pentingnya membaca dan peran aktif orang tua untuk mengenalkan budaya membaca sejak dini? Dengan melakukan kompetisi seperti yang diadakan oleh Tanoto Foundation, setidaknya itu bisa jadi langkah bagus dan bukan hanya sekadar untuk eksis di dunia maya saja. Tetapi, juga menjadi salah satu motivasi orang tua untuk mulai mengajarkan pentingnya dan serunya membaca sejak dini pada anak-anak mereka.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca.
Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

jangan lupa Moms jg bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget, Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation.

 

Selamat Membaca, semoga budaya membaca bisa terus berkembang di masyarakat Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *