Kandungan Susu Formula yang Bagus Untuk Pertumbuhan Gigi Anak

penampilan

Kandungan Susu Formula yang Bagus Untuk Pertumbuhan Gigi Anak
Sumber; Victoria_Borodinova dari Pixabay

Pertumbuhan gigi pada anak menjadi satu hal yang cukup sering dikhawatirkan oleh orang tua. Dikarenakan tidak sedikit anak yang pertumbuhan giginya cukup lambat dan ada juga anak yang mempunyai masalah gigi keropos. Supaya pertumbuhan gigi anak baik, tentunya ada beberapa nutrisi yang harus dipenuhi si anak, salah satunya dengan meminum susu formula.

Namun, tidak semua susu formula tergolong sebagai susu pertumbuhan gigi anak. Biasanya, susu yang ditujukan untuk pertumbuhan gigi anak punya kandungan tertentu. Kira-kira apa saja kandungan dalam susu formula yang bagus untuk pertumbuhan anak? Simak yuk lewat ulasan berikut.

Kalsium

Kalsium merupakan kandungan terbesar yang bisa ditemukan dalam susu formula. Hampir setiap susu formula terutama susu pertumbuhan gigi anak akan memiliki kandungan zat ini. Fungsi utama dari kalsium sendiri adalah untuk pertumbuhan gigi serta tulang.

Kebutuhan kalsium akan setiap anak tentunya berbeda-beda bergantung pada usia serta jenis kelaminnya. Untuk anak usia 6 bulan, kalsium yang dibutuhkan sekitar 200 mg per hari, usia 6-12 bulan jumlahnya meningkat menjadi 260 mg per hari, lalu untuk anak usia kurang dari 3 tahun, membutuhkan kalsium sekitar 700 mg per harinya.

Dalam susu formula, kandungan kalsium bisa mencapai 70 sampai 80%. Untuk itu, supaya jumlah kalsium pada anak tercukupi, maka konsumsi susu formula setidaknya dilakukan secara rutin 2-3 kali sehari supaya pertumbuhan giginya berjalan dengan baik.

Selain membantu mempercepat pertumbuhan gigi anak, kalsium juga bisa mencegah terjadinya keropos pada gigi. Lalu, kalsium juga masih punya fungsi lain seperti untuk mengahantarkan transmisi impuls saraf serta pembekuan darah. Dengan banyaknya manfaat dari kalsium, tidak heran kenapa zat ini memang banyak ditemukan di susu formula.

Baca Juga :  5 Cara Menghilangkan Candu Gadget pada Anak

Fosfat

Fosfat termasuk ke dalam zat yang mampu bekerja sama dengan kalsium untuk pertumbuhan dan perbaikan gigi serta tulang. Fosfat juga dipercaya mampu menyeimbangkan pH mulut. Disamping fungsi tersebut, fosfat juga memiliki manfaat yaitu untuk menjalankan fungsi saraf dan otot, serta mampu menjadi bahan baku struktur penting dalam sel tubuh.

Selain ada dalam susu formula yang berfungsi sebagai pertumbuhan gigi anak, fosfat juga dapat ditemukan pada produk olahan susu seperti keju. Produk olahan susu ini biasanya punya kandungan kalsium serta fosfat yang memang jadi perpaduan komplit untuk pertumbuhan gigi.

Vitamin D

Selain kalsium dan fosfat, vitamin D juga diketahui jadi salah satu faktor yang membuat pertumbuhan gigi anak berjalan dengan baik. Diantara vitamin lainnya, vitamin D ini adalah vitamin paling murah yang bisa didapatkan hanya lewat paparan sinar matahari. Namun, vitamin D juga tersedia dalam susu formula, bahkan bisa dikatakan kalau susu formula adalah sumber vitamin D paling bagus.

Vitamin D juga mampu bekerja sama dengan kalsium serta fosfat untuk membantu memperkuat gigi, menpercepat pertumbuhan gigi, dan memperbaiki gigi yang rusak. Ketiga zat tersebut memang tidaklah bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan kerja sama antara ketiga zat tersebut supaya pertumbuhan gigi dan tulang anak berjalan dengan baik. Untuk itu, dalam memilih susu pertumbuhan gigi anak, memang lebih disarankan untuk memilih susu formula yang memiliki tiga kandungan di atas.

Setelah menyimak mengenai kandungan apa saja yang bagus untuk pertumbuhan gigi anak dalam susu formula, pastikan dengan betul ketiga kandungan tersebut ada dalam susu formula yang diminum oleh si kecil. Jika ingin mengetahui lebih lengkap kamu bisa membaca link berikut ini. Dengan meminum susu yang mengandung ketiga kandungan di atas, masalah kesehatan gigi tak akan perlu dipusingkan lagi.

Baca Juga :  Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Agar Si Calon Bayi Tetap Sehat

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags