5 Jajanan yang Sehat yang Perlu Kamu Ketahui

Ani Rufaidah

Siapa sih yang tidak suka jajan? Mulai dari anak anak hingga orang dewasa sepertinya suka ya yang namanya jajan. Banyak orang yang menganggap jajanan tidak sehat dan menjadi sumber penyakit. eits, jangan salah sangka dulu, tidak semua jajanan itu berbahaya, sekalipun itu jajanan kaki lima.

Kenyataannya, masih banyak jajanan sehat yang bergizi dan bernutrisi yang bisa kamu konsumsi ketika ingin ngemil. Nah, berikut ini ada 5 daftar rekomendasi jajanan sehat, berikut penjelasannya

baca juga :cemilan malam yang menyehatkan

Roti

foto by : selerarasa.com

Makanan yang satu ini dipercaya dapat menunda lapar. Roti adalah makanan yang kaya akan protein, karbohidrat dan vitamin. Roti yang terbuat dari tepung terigu ini bisa menjadi cemilan praktis yang mudah dibawa kemana saja.

Rasa dari roti ini pun beragam mulai dari cokelat, kacang, strawberry dan keju akan dengan mudah kamu dapatkan dimana mana. Pengolahan roti juga beragam mulai dari roti sobek, roti  bakar hingga roti yang dikeringkan. So, jajanan ini aman untuk kamu.

Yoghurt

foto by : goodtoknow.com

Jajanan sehat berikutnya adalah yoghurt. Makanan hasil fermentasi ini memang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Yoghurt adalah makanan probiotik berbahan dasar susu murni, yang banyak mengandung vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin K.

Selain itu yoghurt juga mengandung protein serta kalsium yang sangat baik untuk membantu melindungi kesehatan tubuh. Kamu bisa mendapatkan yoghurt ini dengan beraneka ragam rasa buah buahan yang menyegarkan dan menyehatkan.

Biskuit Gandum

foto by : belanja.com

kalau bicara tentang cemilan, biskuit tidak boleh lepas dari pembicaraan tentunya. Biskuit gandum menjadi jajanan sehat berikutnya yang bisa kamu pilih untuk dikonsumsi. Biskuit gandum memang banyak mengandung serat karena teksturnya lebih kasar, biskuit ini juga dapat mengenyangkan.

Baca Juga :  Manfaat Buah Bagi Tubuh Manusia

Ada banyak aneka rasa dari biskuit gandum yang kaya akan vitamin B kompleks ini. Biskuit gandum juga mudah sekali kamu dapatkan di toko makanan dan minimarket terdekat.

Keju

foto by : hallosehat.com

Jajanan sehat yang keempat adalah keju, gurih dan asin itulah rasa dominan dari keju.  Anak anak hingga orang dewasa pasti menyukai keju, makanan yang satu ini memang kaya akan protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan.

Kamu bisa mengolah keju ini dengan tambahan roti, biskuit atau dimakan langsung. Tapi jangan berlebihan ya dalam mengonsumsi si keju ini.

Oatmeal

foto by : seriouseat.com

Makanan sehat berikutnya adalah oatmeal bar. makanan yang satu ini rendah lemak dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. banyak aneka rasa oatmeal yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Jajanan ringan yang satu ini juga dijamin bisa mengganjal perut  kamu yang lapar. So, oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai jajanan sehat, mengenyangkan dan tidak bikin kamu gemuk.

baca juga :  Resep Cemilan Sehat

Itu dia 5 rekomendasi  jajanan yang bisa menjadi pilihan untuk kamu makan disaat ingin nyemil. Jangan lupa perhatikan kebersihan dan keamanan sebelum mengonsumsinya, perhatikan tanggal expired setiap jajanan sebelum mengonsumsinya.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan jajanan tersebut dengan tekstur dan rasa yang beragam lok. Karena sudah banyak restoran hingga pengusaha kaki lima yang menyediakan jajanan tersebut dengan pengolahan yang berbeda seperti roti bakar aneka rasa, roti cane, yoghurt aneka buah segar, hingga jajanan dari olahan keju lainnya.

 

Artikel Terkait

Bagikan: