5 Cemilan Malam yang Menyehatkan

Siapa yang sering terbangun di tengah malam karena merasa lapar? Ya meskipun kita sudah makan malam terkadang masih saja perut terasa lapar.

foto by : klikdokter.com

Saat nonton tv atau ngobrol santai bersama keluarga memang belum lengkap rasanya tanpa kehadiran cemilan.

Namun perlu diketahui, ketika malam hari kita tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori karena sistem metabolisme tubuh kita bekerja melambat dimalam hari.

Jadi, jika cemilan yang kamu makan tinggi kalori dapat mempercepat kenaikan berat badan kamu. Berikut ini ada 5 cemilan malam yang sehat dijamin ngga bikin kamu gendut :

baca juga : pola diet sehat

Popcorn

Selama nonton film favorit kamu di malam hari, paling enak memang jika sambil dibarengi dengan ngemil. Tapi jangan sampai cemilan yang kamu makan justru mengganggu berat badan dan kesehatanmu. Popcorn memang popular sebagai cemilan saat nonton film dibioskop.

foto by : simplyrecipes.com

Popcorn salah satu makanan yang rendah kalori serta lemak dan kaya akan serat, cocok sekali untuk dijadikan teman malam dan teman begadang. Namun perlu diperhatikan popcorn yang dikonsumsi haruslah yang original tanpa tambahan gula maupun garam.

Selain rasanya yang enak, ternyata makanan yang terbuat dari jagung ini juga mengandung antioksidan alami yang baik untuk tubuh. Popcorn juga bisa menjadi solusi cemilan saat menjalani diet.

Pisang

foto by : idntimes.com

Pisang bisa menjadi salah satu alternatif cemilan malam yang menyehatkan untuk tubuh kamu. Menurut penelitian, pisang mengandung magnesium dan potassium yang baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung.

Selain itu, pisang juga makanan yang mengenyangkan dan dapat membantu tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan rileks karena mengandung zat tryptophan. Jadi, sedia pisang dirumah ya, untuk menjadi makanan alternatif kamu ketika lapar dimalam hari.

baca juga : manfaat buah matoa

Keju lembut

Cemilan berikutnya adalah keju. Keju lembut merupakan cemilan yang kaya akan protein dan rendah kalori. Keju juga kaya akan kasein yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

Namun perlu diperhatikan untuk menjadi cemilan malam yang sehat, kamu jangan mengonsumsinya secara berlebihan, sebaiknya hanya maksimal sekitar 150 kalori.

Kacang

foto by : ,masakapa.com

Untuk memilih cemilan malam tidak boleh sembarangan, jangan memilih makanan yang tinggi kalori dan lemak, pilihlah cemilan yang sehat, misalnya mengandung asam amino tryptophan seperti kacang.

Kacang mengandung tryptophan, dimana zat tersebut dapat diubah menjadi serotonin dan melatonin yang dapat memberikan efek rileksasi saat kamu tertidur.

Oatmeal

foto by : seriouseat.com

Cemilah malam sehat berikutnya yang bisa menjadi teman begadang adalah oatmeal. Oatmel adalah makanan yang rendah lemak dan kalori yang tentunya tidak akan membuat kamu gendut.

Meskipun kamu biasa mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan di pagi hari, tapi tidak ada salahnya juga menjadikan oatmeal ini sebagai cemilan untuk menemani malam kamu.

Selain rendah lemak, oatmeal juga dapat memproduksi hormon serotonin seperti halnya pisang dan kacang yang dapat membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Kamu bisa mengonsumsi oatmeal ini bersama dengan yoghurt.

baca juga : manfaat kolang kaling

Itu dia 5 cemilan malam sehat dan dijamin ngga bikin kamu gendut. Tapi perlu diperhatikan, janganĀ  mengonsumsi makanan diatasĀ  dalam porsi besar dan berlebihan. Makanlah secukupmya.

Memang kondisi perut lapar dimalam hari bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Tapi, jangan khawatir cemilan cemilan diatas dapat mengatasi kelaparanmu dimalam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *