5 Manfaat Buah Matoa

Ani Rufaidah

foto by : coffesiana.com

Sekilas tentang buah matoa

Buah matoa adalah salah satu buah khas Indonesia yang banyak tumbuh di wilayah papua. Mungkin banyak orang  Indonesia yang masih asing mendengar nama dari buah ini, tetapi di wilayah papua, buah matoa ini cukup di gemari.

Pohon matoa berukuran cukup besar, memiliki tinggi sekitar 18 meter dan berdiameter sekitar 100 cm. Rasa dari buah matoa ini sebenarnya cukup lezat, bagi kamu yang belum pernah mencicipi buah matoa ini, mungkin rasanya hampir mirip dengan kelengkeng atau rambutan.

Kandungan Manfaat Pada Buah Matoa

Meskipun buah matoa ini kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi berdasarkan penelitian buah ini sangat baik untuk kesehatan.

Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin E dan zat antioksidan. Tidak ketinggalan beberapa senyawa penting untuk tubuh seperti tanin, flavonoid, senyawa saponin juga alkaloid terdapat pada buah ini.

Berikut ini adalah 5 manfaat buah matoa untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber :

baca juga : manfaat pare

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh dari serangan penyakit

foto by : hallosehat.com

Zat antioksidan yang terdapat pada buah matoa dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dari serangan berbagai penyakit berbahaya.

Beberapa penyakit dapat dicegah sebelum menginfeksi tubuh kamu dengan mengonsumsi si buah matoa ini. Jika kamu jalan jalan ke wilayah papua atau Indonesia timur lainnya, tidak ada salahnya jika kamu mencicipi si buah matoa ini.

2. Mencegah pertumbuhan bakteri

Manfaat berikutnya dari buah matoa ini yakni buah matoa dapat  menghambat pertumbuhan bakteri. Seperti kita ketahui sebelumnya buah matoa mengandung senyawa saponin dan tanin, yang bersifat antimikroba.

Baca Juga :  Museum Kesehatan Surabaya

kedua senyawa ini dapat menekan dan mencegah pertumbuhan bakteri melalui enzim dan dna bakteri. Rutin mengonsumsi buah matoa dipercaya dapat mencegah infeksi bakteri pada sistem pencernaanmu.

3. Mencegah kanker

Buah matoa dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh kamu melalui makanan dan minuman yang kamu konsumsi, lingkungan yang tercemar dan kualitas udara yang buruk .

Buah matoa mengandung zat antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh kamu.

Jika radikal bebas terus dibiarkan terakumulasi dalam tubuh, tidak menutup kemungkinan dapat meningkatkan resiko terkena kanker dan penyakit kronis lainnya.

4. Melembabkan dan mencerahkan kulit

foto by : glitzmedia.co

Buah matoa adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan vitamin E, yang baik untuk kesehatan kulit. Buah matoa dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit dan meregenerasi sel sel kulit mati.

Mengonsumsi secara buah matoa secara rutin buah dapat membantu melembabkan dan mencerahkan kulit wajah kamu. selain menggunakan skincare untuk kulit, kamu juga perlu perawatan dari dalam dengan rutin mengonsumsi buah buahan.

baca juga : manfaat jeruk lemon

5.  Menurunkan Hipertensi

Manfaat selanjutnya dari buah matoa ini adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah kamu. Dilansir dari hallosehat.com ekstrak buah matoa ternyata mengandung zat yang dapat membantu mengeluarkan cairan dalam tubuh (duresis).

Jika cairan dalam tubuh kamu dalam batas normal, maka tekanan darah pun secara otomatis mengalami penurunan. Jadi rutin mengonsumsi buah matoa ini dipercaya dapat membantu menormalkan kembali tekanan darah kamu.

Itulah 5 manfaat dari buah matoa yang perlu kamu ketahui. Indonesia memang kaya akan flora dan fauna ya, termasuk si buah matoa ini. Meskipun jarang terdengar, tetapi ternyata buah ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Baca Juga :  5 Manfaat Buah Kiwano

Artikel Terkait

Bagikan: