7 Cara Merawat Jeans

Kita

cara merawat jeans

Banyak orang bilang merawat jeans itu susah. Jeans adalah sebuah produk fashion yang dibuat dari bahan bernama denim. Denim dibuat pertama kali di Perancis, tepatnya di Nimes. Bahannya yang awal mulanya disebut “Serge de Nimes” ini akhirnya populer dengan sebutan denim. Banyak orang bilang merawat jeans sulit, karena kualitasnya akan mudah rusak jika tidak dirawat dengan benar. Namun tidak perlu khawatir, karena ternyata merawat jeans itu cukup mudah. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam merawat jeans.

  1. Bersihkan kotoran kecil pada jeans kamu dengan sikat gigi dengan sedikit sabun.

Kebanyakan orang langsung menaruhnya di dalam mesin cuci atau pergi ke tempat laundry untuk membersihkan jeans mereka karena lebih praktis. Namun cara itu justru membuat warna jeans lebih cepat pudar.

  1. Cuci jeans kamu setelah 10 kali pemakaian.

Jangan lupa untuk membalik bagian dalam jeans keluar untuk mengurangi kerusakan pada bagian luar jeans, seperti pudarnya warna jeans. Jangan lupa cek kantong jeans kamu ya! Jangan sampai ada barang yang tertinggal karena dapat menyebabkan noda dan bekas yang bisa merusak estetika jeans-mu.

  1. Pilihlah sabun yang tepat untuk mencuci jeans.

Banyak jenis sabun yang beredar di pasaran, seperti sabun berbentuk konsentrat, cair, sabun untuk air dingin, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, pencucian dengan menggunakan sabun untuk air dingin bisa menjaga warna jeans kamu lebih lama.

  1. Gunakan pencucian dengan air dingin.

Air dingin dapat menjaga warna jeans kamu lebih lama. Selain itu, menggunakan air dingin bisa menjaga jeans kamu dari penyusutan. Tak hanya itu, menggunakan air dingin merupakan metode ramah lingkungan karena lebih irit dari sisi penggunaan listrik. Tentunya lebih ramah biaya untuk dompet kamu kan?

  1. Panas merupakan sumber kerusakan yang natural bagi jeans.

Setelah mencuci jeans, keringkan dengan cara menggantung jeans kamu di tempat yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, paparan panas secara langsung dapat menyebabkan penyusutan pada jeans.

  1. Menjaga jeans tetap bersih, bukan berarti mencucinya setiap hari.
Baca Juga :  5 Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Terlalu sering mencuci jeans dapat menyebabkan warna cepat pudar. Tidak mau kan warna asli jeans kamu hilang dalam waktu yang singkat?

  1. Jika memungkinkan, cuci jeans kamu dengan menggunakan tangan.

Siapkan air dingin dan cukup setengah sendok teh sabun. Balik bagian dalam jeans, dan mulai gosok jeans kamu dengan lembut dan jangan terlalu sering.

Merawat jeans, selain tetap menjaga estetika, bisa juga mengirit pengeluaran juga lho! Karena kamu tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli jeans baru. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags