Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Ani Rufaidah

Siapa sih yang tidak kenal dengan bawang putih? Bawang putih (allium sativum) adalah salah satu tanaman kuno yang sudah ada sejak tujuh ribu tahun yang lalu, tanaman ini banyak tumbuh di wilayah asia tengah dan sering digunakan sebagai bumbu dapur.

foto by : grid. id

Bawang putih mudah sekali kita temui di pasaran. Bumbu dapur ini memang sudah sangat populer, kurang lengkap rasanya jika masakan diolah tanpa menggunakan bawang puih sebagai bumbunya.

Tapi tahukah kamu ternyata bawang putih ini banyak mengandung zat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini penjelasannya:

Mengurangi resiko kanker

Menurut penelitian, di dalam bawang putih terdapat senyawa sulfur bioaktif yang dapat mencegah terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

Selain itu bawang putih juga mengandung zat antioksidan alami yang mampu mencegah kanker dalam usus besar dan organ pencernaan.

Bawang putih ini tidak hanya melezatkan masakan tetapi juga mampu mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti kanker ini.

Mengobati sakit gigi

Siapa yang bisa menahan rasa sakit pada gigi? rasa sakitnya sangat mengganggu ketika makan bahkan saat beraktivitas sekalipun. Tapi tahukah kamu ternyata bawang putih mengandung zat analgesik yang mampu menimalisir rasa sakit pada gigi yang sangat menyiksa.

sakit gigi
foto by : dream.co.id

Bawang putih juga mengandung zat antibakteria yang mampu membunuh bakteri yang masuk pada tubuh. Bakteri inilah yang menjadi salah satu penyebab sakit gigi, sehingga mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi resiko terkena sakit gigi.

Baca Juga : Manfaat Yakult

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang putih adalah tanaman yang banyak mengandung vitamin c yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Baca Juga :  Kehamilan Sehat Ceger

Vitamin C dapat menjadi zat antioksidan alami bagi tubuh sehingga tubuh kamu lebih kuat untuk menghadang penyakit yang dapat menginfeksi tubuhmu. Selain itu, bawang putih juga mengandung enzim yang dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Meringankan Flu

Bawang putih memiliki sifat antibakteria yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab flu. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih ini beberapa siung secara langsung (mentah) untuk meringankan sakit flu.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari kandungan yang terdapat pada bawang putih, kamu bisa mengonsumsinya secara mentah atau langsung, atau bisa juga diolah menjadi bumbu dapur.

Bawang putih juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, sehingga resiko terkena penyakit jantung bahkan stroke dapat menurun.

Untuk kamu yang memiliki masalah pada bau mulut juga bisa mengonsumsi bawang putih ini sebagai solusi untuk menghilangkan bau mulut yang sangat mengganggu, bau mulut disebabkan dari bakteri yang terdapat pada mulut bawah putih ini dapat membunuhnya.

Baca Juga : Manfaat Pare

Simpan bawang putih ini di kulkas agar bawang putih dapat bertahan lebih lama. Perlu diperhatikan menurut penelitian untuk kamu yang memiliki masalah kesehatan seperti pencernaan, alergi, tekanan darah rendah ada baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter apakah mengonsumsi bawang putih ini aman untuk kamu.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih mentah (jangan lebih dari satu siung dalam satu hari) karena hal itu juga dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh, terutama bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan.

Tetap semangat beraktivitas dan menjalani hari. Jangan lupa terapkan pola hidup yang sehat agar kamu bisa terhindar dari penyakit dan tetap produktif. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :  Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui

Artikel Terkait

Bagikan: