Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kayu manis atau tanaman yang bernama latin Cinnanomun Verum, sin.C, Zeylanicum merupakan salah satu  tanaman rempah rempah yang memiliki aroma dan rasa yang khas yaitu manis dan pedas.

foto by : saling amanah.com

Rempah-rempah tertua ini, sudah digunakan sejak dulu oleh masyarakat mesir kuno dan dipercaya dapat menjadi suplemen yang baik untuk tubuh.

Biasanya rempah rempah ini dikonsumsi bersama dengan madu. atau sering juga dijadikan sebagai bumbu dapur untuk memperkuat cita rasa makanan.

Tidak hanya itu, ternyata rempah-rempah yang memiliki bentuk seperti ranting kayu berwarna coklat ini, memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Berikut ini penjelasannya :

Meningkatkan kinerja otak

Seperti kita ketahui, kayu manis ini memiliki aroma wangi yang khas, banyak orang yang menjadikan kayu manis ini sebagai aroma therapy yang dapat memberikan efek relaksasi bagi otak.

foto by : mudation.com

Selain itu,  aroma kognitif dari kayu manis mampu membuat otak kamu menjadi lebih konsentrasi dalam berpikir dan mengingat, dengan cara mencium aroma khas dari kayu manis ini. Sekarang banyak juga yang menjadikan kayu manis ini sebanyak minyak wangi aroma therapy.

Mencegah Diabetes

Manfaat kedua dari kayu manis adalah dapat mencegah diabetes atau gula dalam darah. Hal itu disebabkan karena kayu manis memiliki zat antioksidan alami yang dapat mengontrol glukosa darah dalam tubuh.

foto by : deltomed.com

Kamu bisa mengonsumsi kayu manis ini, dengan cara meminum air rebusannya. Satu gram kayu manis dapat mengontrol glukosa, kolesterol jahat dan triglesida pada penderita diabetes.

Tapi kamu juga perlu mengonsultasikan dulu ke dokter, terlebih jika sebelumnya kamu sudah mengonsumsi obat obatan dari dokter, untuk memastikan keamanannya.

Jangan terlalu berlebihan mengonsumsi kayu manis ini juga ya,  karena dapat menimbulkan efek samping seperti mudah kelelahan.

Baca juga : Khasiat Kurma Bagi Kesehatan

Mengencerkan darah (mencegah terjadinya penggumpalan)

Kayu manis mengandung zat cinnamaldehyde yang merupakan komponen dalam minyak atsiri yang terletak pada kulit kayu manis. Minyak  inilah yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Jadi, dari pada kamu mengonsumsi obat kimia pengencer darah yang memiliki efek samping tinggi bagi tubuh, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan kayu manis ini sebagai obat alternatif alaminya.

Meringankan Rematik

Manfaat selanjutnya dari kayu manis adalah mampu mengurangi rasa sakit pada penderita rematik. Menurut peneliatian didalam kayu manis terdapat kandungan zat yang dapat mengurangi sitikon yang menyebabkan rematik.

Jadi, jika kamu memiliki permasalahan rematik kamu dapat juga mengonsumsi si kayu manis ini. Selain mengurangi rematik, kayu manis juga dipercaya dapat mengurangi nyeri saat haid.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kayu manis untuk kesehatan tubuh. Kayu manis mengandung  zat eugonol, minyak atsiri, kalsium, safrole dan damar yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun perlu diperhatikan, untuk menjadikan kayu manis ini sebagai obat untuk mengatasi penyakit diatas, kamu perlu mengonsultasikannya dulu ke dokter ya.

Sebab mengonsumsi kayu manis dengan takaran yang tinggi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh, terlebih jika disertai dengan mengonsumsi obat dari dokter.

Jadi mengonsumsi kayu manis harus dengan takaran yang tepat ya, jangan sampai berlebihan. Beberapa penelitian menyebutkan efek samping dari kelebihan konsumsi kayu manis dapat menyebabkan gangguan pernapasan, kelelahan dan resiko alergi terhadap obat – obatan dokter yang sedang kamu konsumsi. Tetap utamakan menjaga kesehatan tubuh ya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Manfaat ketumbar untuk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *