Khasiat Kurma Bagi Kesehatan

foto by : blibli.com

Kurma adalah salah satu makanan yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Ya, selama bulan puasa kebanyakan orang muslim mengonsumsi si manis kurma ini sebagai makanan pembuka, sebelum mengonsumsi makanan berat lainnya.

Tapi ternyata kurma yang berasal dari Negara Arab ini, memang kaya akan kandungan serat, karbohidrat, vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan, tentu saja jika kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Berdasarkan data dari BPS volume impor kurma selama tiga tahun terakhir di Indonesia juga mengalami peningkatan. itu berarti permintaan kurma cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang bisa kamu ambil dari si manis buah kurma

Kurma memiliki kandungan serat alami untuk tubuh sehingga dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan. Menurut penelitian didalam 100 gram kurma, terdapat 6,7 gram serat alami bagi tubuh. Kurma dapat mengurangi resiko kanker usus besar dan juga wasir.

Untuk penderita wasir juga disarankan untuk mengonsumsi kurma sebagai pengobatan alami karena sangat baik untuk sistem pencernaan.  kamu bisa menggabungkan kurma dengan pengobatan alami lainnya untuk mengurangi wasir.

Namun hal yang perlu diwaspadai kurma juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, maka dari itu mengonsumsi kurma tidak boleh secara berlebihan. Mengonsumsi dua atau tiga butir kurma dalam sehari terkadang sudah membuat kita kenyang ya.

Kemudian manfaat kedua yang tak kalah penting dari kurma adalah dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan potassium yang terdapat pada kurma dipercaya dapat memperbaiki sistem kinerja jantung dan menekan tekanan darah. Bahkan menurut beberapa penelitian mengonsumsi kurma juga dapat mengurangi resiko terkena stroke.

Manfaat selanjutnya dari buah Kurma yaitu sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kandungan di dalam buah kurma dipercaya dapat memperlancar proses kelahiran dan induksi. Kurma memiliki kandungan zat anti inflamasi yang dapat mengurangi resiko penyakit peradangan.

foto by : lidbahaweres.com

Kurma muda saat ini juga banyak dicari, karena dipercaya dapat mempermudah memiliki keturunan. Hal ini sebagai salah satu bentuk ikhtiar ya, tetap hasilnya tergantung dari sang pencipta. Namun, kurma muda ini hanya ada pada saat musim panen saja. Rasa dari buah kurma ini sedikit sepat.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari buah kurma yang perlu kamu ketahui. Kurma saat ini juga sudah banyak diolah menjadi panganan lainnya seperti sirup kurma, selai dan makanan manis lainnya. Dilansir dari doktersehat.com berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram kurma yang baik untuk kesehatan:

  1. Mengandung serat alami sebesar 6,7 gram. RDA 27 %
  2. Mengandung kalium sebesar  696 miligram. RDA 20%
  3. Mengandung tembaga sebesar 0,4 miligram. RDA persen
  4. Mengandung zat mangan sebesar 0,3 miligram. RDA persen
  5. Mengandung zat magnesium sebesar 54 miligram. RDA persen
  6. Mengandung Vitamin B6 sebesar 0,2 miligram. RDA persen

Kurma yang berasal dari Saudi Arabia ini ternyata juga sudah mulai ditanam di Indonesia, meskipun jumlah nya tidak terlalu banyak. Perlu diketahui kurma ini sebenarnya memiliki banyak jenis. Dari segi tekstur kita mengenal ada kurma kering dan kurma basah.

Beberapa jenis kurma yang popular dan banyak dikonsumsi di Indonesia diantaranya Kurma ajwah yang berasal dari kota Madinah, kurma amer hajj dari Irak, kurma al barakah dari Saudi Arabia dan beberapa jenis kurma lainnya yang di jual dipasaran. Kalau kamu lebih suka makan kurma yang mana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *