3 Manfaat Ketumbar Yang Jarang Terekspos

Manfaat Ketumbar Jarang terekspos – daherba.com

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah. Indonesia memiliki ciri khas dalam masakannya yang berbeda dengan negara lain yaitu rasanya yang kuat dengan rempah-rempah mulai dari lada, jinten, kayu manis hingga ketumbar.

Ya, dari sekian banyak jenis rempah rempah yang ada di Indonesia, ada satu jenis  rempah yang kali ini akan dibahas. Rempah ini, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita yaitu si kecil ketumbar.

Ladies, hati-hati ya untuk membedakan ketumbar dengan lada, kedua rempah ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama, hanya saja jika masih berbentuk utuh ukuran biji ketumbar ini lebih kecil dari lada.

Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang sangat populer, buahnya yang kecil banyak dikeringkan dan diperdagangkan, baik dalam bentuk bubuk gerus maupun dalam bentuk biji. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm.

Jika kamu adalah orang yang suka makan opor ayam, rendang daging, atau sayur sop biasanya kamu akan menemukan rasa khas rempah-rempah ketumbar dari makanan lezat asli Indonesia  tersebut.

Namun, tahukah kamu selain sebagai rempah rempah ternyata ketumbar memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Nah, berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Ketumbar dapat melancarkan sistem pencernaan

Melansir dari whfood.com, menurut penelitian ketumbar kaya akan kandungan vitamin K, A, D dan vitamin C serta senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa fitokimia dalan ketumbar, sangat baik untuk memperlancar sistem kerja pencernaan kita. Senyawa ini bekerja mengatasi kembung pada perut dan dapat memperlancar sistem pembuangan feses dalam tubuh kita.

Ketumbar juga dapat menjadi obat diare karena kandungan antibakteria yang dapat melawan bakteri penyebab diare. Sejak dulu ketumbar memang dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan, untuk kamu yang memiliki sistem pencernaan yang kurang baik bisa mengkonsumsi rempah yang satu ini.

  1. Ketumbar dapat menyuburkan rambut

 

foto by : shuttershock.com

Apakah kamu sering melihat iklan sampo yang menjadikan ketumbar atau kemiri sebagai komposisi utamanya? Menurut beberapa penelitian kandungan yang terdapat dalam biji ketumbar memang sangat baik untuk melebatkan dan menyuburkan rambut.

Selain kemiri, ternyata ketumbar juga dapat dijadikan sebagai perawatan rambut kamu. Jika kamu punya masalah membandel terutama pada kerontokan rambut, tidak ada salahnya mencoba ketumbar sebagai solusi dari kerontokan, karena kandungan dalam ketumbar dipercaya dapat menguatkan akar rambut.

  1. Meringankan batuk dan pilek

Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, ternyata kandungan Vitamin C dan antioksidannya dapat meringankan penyakit batuk dan pilek kamu. Kandungan antibakteria dalam ketumbar memang bagus untuk menjaga imunitas tubuh.

Mulai dari sekarang jangan takut untuk memakan masakan yang mengandung rempah alami. Jika adalah orang yang sering mengalami batuk dan pilek, ada baiknya kamu mengkonsumsi rempah yang satu ini karena dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai khasiat ketumbar bagi tubuh kita. Namun perlu diperhatikan, tidak semua orang dapat mengkonsumsi ketumbar sebagai obat herbal seperti ibu menyusui, penderita penyakit hati, orang yang memiliki gangguan pernapasan, kulit sensitif dan orang yang alergi terhadap ketumbar.

Karena ada beberapa efek samping tertentu jika ketumbar dikonsumsi dalam jumlah yang banyak misalnya dijadijakan sebagai bahan utama obat herbal.

Tapi, untuk dijadikan sebagai bumbu dapur ketumbar ini masih tergolong aman. semoga bermanfaat ya, keep healthy.

 

Referensi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ketumbar

https://www.deherba.com/singkap-13-manfaat-ketumbar-untuk-kesehatan-anda.html

Whfoods.com. Cilanto & Coriander Seeds. URL: http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=70. Accessed: 2019-01-23 (Archived in WebCite®)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *