5 Cara Mendiamkan Anak Yang Menangis

foto by : Thestock

Anak-anak memang mudah sekali menangis ya, jatuh sedikit menangis, keinginan tidak dituruti menangis, mungkin sudah menjadi fitrah anak anak sering menangis.

Sebagai orang tua tentunya kita punya seribu macam cara untuk menenangkan anak yang sedang menangis, terlebih jika anak masih bayi atau balita, menangis adalah cara mereka berkomunikasi dengan kita.

Menangis memang wajar, tapi jangan biarkan anak menangis terlalu lama ya. Ketika anak menangis memang orang tua harus ekstra sabar, jangan sampai terpancing oleh emosi dan kemarahan, karena akan memperburuk keadaan.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan anak yang sedang menangis :

baca juga : cara membujuk anak makan

Sentuhan hangat

foto by : hallosehat.com

Ketika bayi atau bahkan anak anak sedang menangis, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan sentuhan hangat.

Jangan remehkan sentuhan sebab sentuhan dipercaya memiliki efek menenangkan saat menangis, jangan dibiarkan terlalu lama anak menangis.  Jika sentuhan tidak cukup ada baiknya kamu juga bisa memberikan pelukan untuk mereka.

Pada anak yang masih bayi atau balita mungkin menangis disebabkan karena mereka haus, lapar, mengantuk atau bahkan pup, untuk itu setelah menggendongnya kamu juga harus menyelesaikan apa yang membuat bayi menangis.

Mengalihkan perhatian

Mengalihkan perhatian anak yang sedang menangis, cara ini biasanya ampuh untuk menghentikan tangisannya.

Ketika anak menangis cobalah untuk mengalihkan perhatiannya pada hal lain, yang dapat menarik perhatian anak.

Misalnya mainannya atau makanan kesukaannya, film favoritnya atau apapun yang membuat mereka lebih bahagia, sehingga membuat anak lupa dengan apa yang menyebabkan mereka menangis.

Ajak mereka berbicara

foto by : harrania.com

Setelah tangisannya sedikit reda, langkah berikutnya adalah mengajak mereka berbiacara.

Biarkan anak menceritakan ketakutannya, kecemasan dan kekhawatirannya, tawarkan bantuan kepada mereka.

Misalnya anak menangis karena menghilangkan atau memecahkan suatu barang. Kamu bisa mendengarkan ceritanya pelan pelan, biarkan mereka menceritakan apa yang dirasakannya dan berikan solusi agar mereka lebih tenang.

Beri mereka pengertian secara perlahan

Langkah selanjutnya kamu bisa memberikan pengertian tentang apa yang membuatnya menangis.

Bisikan kepadanya secara perlahan sehingga anak mengerti dan paham tentang apa yang membuanya menangis.

Misalnya anak menangis karena ingin makan es krim, berikan pengertian kepadanya misalnya “adek kemarin sudah makan es krim, nanti kalau makan es krim terus batuknya tidak sembuh sembuh ya tante, nanti suaranya hilang, bagaimana”. Hingga akhirnya anak mengerti dan paham.

baca juga : Cara Menghindari Kecemburuan Anak

Ajak mereka ke suatu tempat

foto by : womantalk.com

Jika anak masih terus menangis cobalah ajak mereka ke suatu tempat yang menarik menurut mereka, misalnya ke taman atau keluar rumah, sehingga anak lupa dengan apa yang membuatnya menangis dan lebih tertarik dan terfokus pada apa yang ada dilihatnya.

Bahkan jika diperlukan ajak anak bermain bersama ditempat tersebut, sehingga anak menjadi lupa dengan kesedihannya.

baca juga : Penyebab Karies Gigi Anak

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan dan menghentikan tangisan anak.

Yang terpenting kamu harus selalu bersabar dalam menghadapi mereka. Jangan sampai terpancing emosi karena tidak tahan mendengar tangisan anak.

Anak anak memang sudah fitrahnya sering menangis ya dan mereka selalu membutuhkan perlindungan dan rasa aman dari orang yang lebih dewasa. Jadi sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana menenangkan anak yang menangis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *