3 Penyebab Karies Gigi Pada Anak

Ani Rufaidah

karies gigi – pojokpos.com

Apakah kamu sering melihat anak yang tersenyum dengan gigi berwarna cokelat bahkan sampai kehitaman? wah, mungkin untuk moms atau orang tua lainnya yang sering berada disekitar anak- anak, melihat hal tersebut sudah tidak heran lagi ya.

Kasus karies gigi pada anak adalah salah satu permasalahan gigi yang paling banyak terjadi di Indonesia, bahkan menempati urutan pertama sebagai penyakit gigi kronis yang dialami pada anak usia sekolah.

Sayangnya, banyak orang tua yang menganggap remeh karies gigi pada anak, sehingga tidak langsung ditangani dengan baik. Padahal karies pada gigi anak yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan nyeri, gigi tanggal, bahkan kematian.

Oleh sebab itu penting bagi orang tua untuk selalu peduli dengan kesehatan dan kebersihan gigi anak. Dilansir dari website tanyapepsodent.com Karies gigi atau gigi berlubang adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan keras gigi karena aktivitas bakteri dalam plak. Bakteri penyebab karies gigi adalah Streptococcus mutans.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang sering mengakibatkan karies gigi pada anak, berikut penjelasannya.

Faktor Makanan

1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis

sumber : Mommys daily.com

Anak anak memang penyuka makanan manis moms, hampir semua jajanan manis disukai anak mulai dari coklat, permen hingga es krim yang merupakan makanan manis tinggi gula.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar gigi menunjukkan bahwa anak yang sering mengkonsumsi makanan manis memiliki risiko tinggi mengalami karies gigi.  Gula pada makanan adalah makanan lezat bagi bakteri untuk dapat berkembang dan menghasilkan asam.

Baca Juga :  Bahaya Jika Si Kecil Sering Jajan Sembarangan

Semakin banyak asam, semakin cepat lapisan email gigi terkikis dan pembusukan akan semakin cepat terjadi.
Karies umumnya berawal dari bercak putih pada gigi (white spot), dan jika dibiarkan bercak putih ini akan berubah menjadi coklat yang menyebar dan membentuk lubang pada gigi.

Bercak ini muncul karena kadar garam dan mineral pada jaringan keras gigi anak hilang karena plak dan sisa makanan yang menumpuk pada gigi tidak dibersihkan.

Karies ditandai dengan bercak putih pada gigi (white spot). Bercak putih ini muncul karena adanya proses penghilangan kadar garam dan mineral (demineralisasi) pada jaringan keras gigi akibat plak dan sisa makanan yang menumpuk.

Jika dibiarkan terus menerus, bercak putih akan berubah menjadi bercak kecoklatan yang menyebar dan membentuk lubang pada gigi. Karena anak belum bisa merawat giginya dengan baik, penting bagi moms untuk membimbing dan mengingatkan anak untuk menggosok gigi minimal pagi dan malam.

2. Minum susu menggunakan botol atau ASI langsung

foto by : parenting.orami.co.id

Menyusu dengan menggunakan botol adalah kebiasaan wajar bagi anak ya moms, terkadang sebelum tidur mereka bisa menghabiskan sebotol susunya hingga terlelap, bahkan kebiasaan ini bisa berlanjut hingga anak sekolah SD loh moms.

Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan susu yang melekat pada gigi anak dapat menjadi makanan lezat bagi bakteri, yang semakin lama akan tumbuh dan berkembang biak pada gigi anak. Kondisi ini biasa disebut dengan karies botol.

Tapi moms hal ini juga berlaku pada anak yang masih menyusu dengan Asi, maka penting bagi moms untuk menyikat gigi atau membersihkan gigi anak sebelum tidur, agar sisa susu atau makanan lainnya tidak menempel pada gigi anak.

Baca Juga :  5 Cara Merawat Kulit Bayi Tetap Sehat

Faktor Kebersihan

3. Jarang Menggosok Gigi

foto by : haibunda.com

Sebenarnya sah saja jika anak suka mengkonsumsi susu atau makanan manis lainnya selama dalam batas yang normal, tetapi jika anak malas menggosok giginya (pagi dan malam sebelum tidur) itulah penyebab utama yang menjadikan gigi anak karies.

Karena bakteri akan semakin nyaman tinggal di gigi anak, jadi tidak heran lagi jika gigi anak cepat membusuk hingga akhirnya berlubang. Meskipun sebagian orang banyak yang menganggap remeh permasalahan karies gigi ini, karena gigi anak masih termasuk gigi susu yang akan tanggal dan diganti dengan gigi yang baru.

Tapi besar kemungkinan terjadinya pembentukan gigi baru pada anak jadi kurang baik moms bahkan tidak jarang mengakibatkan posisi gigi menjadi tidak rapi.

Maka dari itu, penting bagi moms dan para orang tua lainnya untuk mengajarkan kebiasaan baik menyikat gigi pagi dan malam, jika tanda tanda karies gigi pada anak sudah mulai muncul, jangan ragu untuk periksakan anak ke dokter gigi ya moms. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan: