5 Cara Merawat Kulit Bayi Tetap Sehat

penampilan

Kulit bayi termasuk kulit yang cukup rawan dan sensitif, sehingga rentan terhadap masalah kulit seperti kulit iritasi, kulit kering, kulit bersisik, dan masalah lainnya. Jika perawatan pada kulit bayi tidak dilakukan dengan baik, maka masalah-masalah tersebut pun akan sangat mungkin terjadi. Tetapi, ibu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk merawat kulit bayi supaya tetap sehat. Bagaimanakah cara-cara tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pakaikan Pelembab Kulit Khusus Bayi

Pelembab kulit merupakan produk utama yang harus diaplikasikan pada bayi untuk menjaga kesehatan kulitnya. Dalam memilih produk pelembab, usahakan memilih produk pelembab dengan kualitas yang sudah terbukti. Disamping itu, pilihlah produk pelembab dengan jenis krim, jangan memilih jenis lotion karena itu bisa memicu terjadinya iritasi. Lalu, usahakan memilih produk pelembab tanpa kandungan parfum atau wewangian.

Perhatikan Penggunaan Popok Bayi

Area kulit bayi yang terkena popok juga termasuk dalam area sensitif yang sering mengalami iritasi. Masalah iritasi ini bisa terjadi ketika penggantian popok tidak segera dilakukan padahal sudah penuh maupun pembersihan area yang terkena popok yang kurang bersih. Oleh karenanya, dianjurkan untuk melakukan penggantian popok dalam kurun waktu 4-6 jam sekali dan pembersihan area kulit harus dilakukan secara benar menggunakan pembersih yang tak mengandung alkohol.

Jika area kulit yang terkena popok ternyata sudah terlanjut mengalami iritasi, ibu bisa melakukan langkah penyembuhan dengan bantuan Bepanthen, sebuah salep popok bayi yang memiliki kegunaan untuk mengobati ruam popok pada bayi. Penggunaan salep Bepanthen ini tidaklah susah, karena ibu hanya perlu mengoleskannya pada area ruam 1-2 kali dalam sehari. Namun, pastikan dulu jika area ruam tersebut sudah dibersihkan ya.

Baca Juga :  Kenapa Anak Kecil Takut Hantu

Rutin Membersihkan Kulit Kepala Bayi

Bagian kulit kepala adalah bagian kulit bayi yang tak kalah penting untuk dijaga kesehatannya. Kulit kepala bayi biasanya sering mengalami kekeringan hingga iritasi ringan, sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin. Usahakan untuk menggunakan produk sampo khusus bayi yang lembut dan memiliki kandungan yang khusus untuk menghindari iritasi dan kondisi kulit kepala kering. Saat membersihkan kulit kepala dengan sampo, pijat lembut bagian kepala bayi supaya sisik-sisik yang ada di kulit tersebut dapat rontok perlahan.

Gunakan Bedak Bayi Secukupnya

Merawat kulit bayi tidak dapat dipisahkan dari penggunaan bedak bayi. Hanya saja, tidak sedikit orang tua yang mengaplikasikan bedak bayi terlalu banyak di kulit bayi, padahal hal tersebut bisa membahayakan kesehatannya. Bedak  bayi yang diaplikasikan terlalu banyak akan menyebabkan partikel-partikel halus dalam bedak terhirup oleh bayi tersebut, sehingga hal itu bisa mengganggu kesehatan pernapasannya.

Hindarkan Kulit dari Penyebab Iritasi

Banyak faktor yang menjadi penyebab kulit bayi mudah teriritasi. Contohnya, suhu yang ekstrim, paparan sinar matahari langsung, pewangi dari pakaian, minyak kayu putih, hingga udara yang tidak bersih. Jika kulit bayi memiliki sensitivitas yang tinggi, maka risiko iritasi akan lebih besar. Nah, untuk menghindari risiko tersebut, ibu dapat memilih produk-produk yang bisa meminimkan risiko alergi atau iritasi pada kulit seperti pada produk dengan label hypoallergenic.

Namun, jika sudah terjadi iritasi maupun ruam pada kulit bayi, Bepanthen juga dapat diaplikasikan untuk mengatasi kondisi tersebut. Kegunaan Bepanthen sendiri memang tak hanya dikhususkan sebagai salep popok bayi, mengingat manfaat dari salep ini dapat mengobati iritasi pada bagian kulit lainnya.

Nah, sekian untuk seluruh cara yang bisa diterapkan oleh para ibu yang ingin menjaga kesehatan kulit bayinya dari segala iritasi. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk-produk terbaik bagi bayi mengingat kulit bayi yang sangat rentan dan sensitif.

Baca Juga :  Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Agar Si Calon Bayi Tetap Sehat

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags