7 Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat ke Bandung

Berwisata ke suatu kota akan jadi kurang lengkap kalau tidak disertai dengan menikmati kuliner khasnya. Begitu juga saat berwisata ke kota Bandung. Kota satu ini terkenal dengan segudang makanan khas mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Beberapa kuliner khas tersebut bahkan sudah tersebar di seluruh Indonesia, tetapi pasti rasanya akan berbeda saat kamu menikmatinya secara langsung di kota tersebut. Mau tahu apa saja kuliner yang wajib dicoba saat datang ke Bandung tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Bakso Cuanki Serayu

Cuanki termasuk makanan yang sudah ada sejak lama di Bandung dan konon pertama kali diperkenalkan oleh orang Tionghoa. Hingga saat ini, banyak penjual bakso cuanki yang tersebar di seluruh Bandung, tetapi hanya beberapa saja yang mempunyai cita rasa khas. Salah satunya adalah bakso cuanki serayu yang sudah buka sejak tahun 90-an. Sayangnya, untuk bisa menikmati sajian cuanki ini, kamu harus rela antre hingga hitungan jam, apalagi jika kamu datang saat jam makan siang.

Nasi Cikur Warung Inul

Apakah kamu pernah mendengar nama kuliner khas Bandung bernama nasi cikur? Kuliner satu ini sebenarnya tidak kalah terkenal dari nasi uduk. Nama cikur diambil dari bahasa Sunda yang artinya kencur karena nasi satu ini dibuat dengan campuran kencur.

Tetapi, rasa dari kencur dalam nasi ini pun tidak terlalu menyengat, bahkan lebih ke gurih. Biasanya nasi cikur ini disajikan dengan kombinasi serundeng, telur dadar, ayam, serta acar. Jika kamu tertarik untuk mencoba kuliner ini, cobalah kunjungi nasi cikur warung inul yang sudah cukup terkenal beralamatkan di kawasan Dago.

Surabi Cihapit

Teruntuk kamu yang lebih suka jajanan kaki lima, terdapat kuliner Bandung bernama surabi Cihapit yang dinamai sesuai dengan lokasinya, yaitu Jalan Cihapit. Kuliner ini termasuk kuliner legendaris dan sudah ada sejak tahun 90-an. Harga yang dibandrol untuk surabi Cipahit pun sangat ramah kantong yaitu sekitar dua ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah.

Cireng Cipaganti

Kuliner lain yang tak kalah khas dan mengingatkan pada kota Bandung tidak lain adalah cireng Cipaganti. Cireng ini mungkin secara bentuk tidak jauh beda dari cireng lainnya, tetapi dari cita rasanya sangat autentik dan lain dari yang lain. Terdapat berbagai varian rasa yang disediakan seperti rasa sambal kacang, abon, sosis, korent, dan rasa lainnya.

Batagor Hanjuang

Tidak hanya cireng yang diketahui jadi makanan khas dan legendari dari Bandung, Batagor juga merupakan makanan khas yang sudah dikenal oleh banyak orang sebagai makanan asli Bandung. Pastinya sangat disayangkan kalau kamu sedang di Bandung tapi tidak mencoba mencicipi batagor Bandung terutama batagor hanjuang. Meskipun hanya berupa gerobak kaki lima, tapi batagor hanjuang punya cita rasa yang mewah dan terkenal di seluruh Bandung.

Es Duren Pak Aip

Selain beberapa jenis makanan di atas, ada minuman khas yang terbuat dari durian yang patut kamu coba saat datang ke Bandung. Es tersebut dijuluki es duren Pak Aip yang sudah ada sejak tahun 1987. Untuk kamu pecinta duren, sudah pasti tidak boleh melewatkan kuliner satu ini.

Es Cendol Elizabeth

Buat kamu yang tidak suka durian, tak perlu khawatir karena masih ada minuman khas dari Bandung yaitu es cendol Elizabeth. Es cendol Elizabeth sudah ada sejak lama yaitu tahun 1972 dan sampai saat ini masih tetap laris manis. Begitu juga dengan lokasi dari es cendol ini tetap tidak berubah yaitu di kawasan Astana Anyar.

Dari 7 kuliner khas Bandung tadi, hampir semuanya menggiurkan untuk dicoba bukan? Mumpung sedang berada di Bandung, jangan lupa untuk mencoba beberapa dari kuliner di atas, sudah dipastikan kamu akan merasakan nikmatnya berwisata kuliner di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *