7 Wisata Kuliner di Solo Yang Wajib Dicoba

penampilan

Kamu sedang berada di Solo dan ingin mencicipi kuliner khasnya? Tetapi masih bingung dengan menu kuliner yang dipunyai Solo?  Memang kota satu ini punya banyak sekali kuliner khas yang legendaris dengan cita rasa lezat yang bisa membuat wisatawan kebingungan memilih mana yang harus disantap dahulu. Tetapi, kamu tak perlu bingung lagi, karena di bawah ini akan disajikan 7 wisata kuliner terbaik dari Solo yang harus dicoba.

Nasi Liwet Wongso Lemu

Salah satu kuliner andalan dari Solo yang sudah melegenda sejak lama tidak lain berupa nasi liwet. Nasi liwet biasanya disajikan di atas daun pisang, sehingga memberikan kesan makanan yang begitu tradisional. Untuk membuat nasi liwet menjadi lebih lezat, biasanya akan disajikan dengan lauk telur maupun ayam.

Jika kamu tertarik untuk merasakan nikmatnya nasi liwet khas Solo ini, Nasi Liwet Wongso Lemu bisa jadi pilihan tepat. Apalagi warung ini sudah buka sejak lama dan setiap harinya selalu dipenuhi antrian yang menandakan kalau rasa nasi liwet di warung ini memang selalu diidamkan.

Sate Buntel Tambak Segaran

Pernahkah kamu mendengar tentang sate buntal? Sate ini sebenarnya tidak jauh beda dari sate pada umumnya mengingat bahannya juga terbuat dari daging kambing. Hanya saja, dalam cara pembuatannya daging kambing dicincang lebih dulu, baru setelah itu dibentuk seperti buntalan. Nah, Sate Buntal Tambak Segaran diketahui jadi salah satu warung sate buntal yang populer di Solo dan dicari oleh wisatawan dari luar kota.

Selat Mbak Lies

Bila kamu termasuk pecinta makanan kaya nutrisi dan tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung kolesterol, maka selat adalah pilihan yang cocok buat kamu. Dari namanya, selat kedengaran seperti salad dan hal itu memang benar adanya. Banyak yang mengatakan kalau selat adalah salad versi lokal, dan jika kamu penasaran dengan rasa salad lokal ini, tak ada salahnya untuk mengunjungi Warung Selat Mbak Lies yang ada di Jl. Serengan.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Vitamin E

Galabo

Wisata kuliner di waktu malam bisa jadi keasyikan tersendiri, apalagi biasanya suasana malam justru lebih hidup. Di Solo, terdapat satu tempat yang bernama Galabo atau Gladag Langan Bogan yang menjual aneka makanan khas Solo seperti cabuk rambak, sate kere, dan lainnya. Jika kamu datang ke tempat ini di waktu weekend, kamu akan mendapati live music yang akan semakin menghidupkan suasana kulineran di Galabo.

Es Dawet Telasih

Rekomendasi kuliner selanjutnya jatuh pada minuman khas Solo yaitu es dawet tepatnya Es Dawet Telasih. Minuman manis yang khas ini rata-rata hanya dijual seharga lima ribu rupiah saja dengan porsi yang menyegarkan dan mengenyangkan. Biasanya Es Dawet Telasih ini berisikan bubur ketan hitam, tape ketan, bubur sumsum, biji telasih dan lainnya.

Tahok Pak Citro

Kuliner satu ini dapat dikatakan cukup unik karena banyak yang menyebut tekstur dan bentuknya mirip tahu. Namun, tahok sendiri dilumuri dengan kuah berupa campuran gula merah dan rempah-rempah khusus. Sehingga, membuat makanan ini kerap memberikan efek yang menghangatkan bagi penikmatnya. Salah satu tahok yang terkenal adalah Tahok Pak Citro yang hanya dijual seharga empat ribu rupiah saja.

Es Gempol Pleret

Bukan hanya Es Dawet Telasih, Es Gempol Pleret juga jadi minuman manis yang menyegarkan, terlebih lagi Es Gempol Pleret Pak Suhar yang ada di Jl. Dr. Wahidin. Es ini terbuat dari tepung beras yang dibulatkan serta dilumuri dengan santan serta campuran gula pasir dan merah. Pastinya rasa manisnya akan membuatmu ketagihan.

Itu dia 7 wisata kuliner Solo yang akan memanjakan lidahmu karena cita rasa khasnya. Dengan harga yang tergolong sangat murah, tentu kamu tak perlu pusing memikirkan kehabisan budget ditengah wisata kuliner ke Solo.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Vitamin A

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags