Tips Menghindari Kecemburuan Anak

Ani Rufaidah

foto by : klikdokter.com

Moms sebagai orang tua mungkin sering ya, melihat pertengkaran si kecil yang biasanya terjadi antara si kakak dan adik, terutama untuk usia yang selisih sedikit, layaknya tom and jerry.

Pertengkaran mereka biasanya karena hal yang sering kita anggap sepele ya moms seperti berebut mainan atau sesuatu yang disukainya atau ada salah satu yang menjahilinya.

Tapi tahukah moms sebenarnya hal ini juga terjadi karena adanya kecemburuan kasih sayang, biasanya si kakak merasa dinomor duakan dari adiknya, sehingga sering mencari perhatian dengan melakukan hal – hal yang negatif.

Cemburu adalah emosi yang mengarah kepada pikiran negatif dan perasaan tidak aman (insecure), dalam hal ini si anak takut tidak bisa memiliki moms lagi seutuhnya.

Jika dibiarkan hingga dewasa, tentu hal ini sangat tidak baik ya moms. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari kecemburuan pada anak, berikut penjelasannya

Jangan Membandingkan Anak

foto by : haibunda.com

Hal ini penting untuk diperhatikan ya moms. Jika kita saja sebagai orang dewasa tidak ingin dibanding-bandingkan, lalu bagaimana dengan anak kita. Meskipun mungkin maksud yang kita tujukan baik ya moms, agar anak moms bisa meniru perilaku yang baik entah itu dari si kakak atau si adik.

Membanding – bandingkan anak dalam hal perilaku atau sifat bisa menimbulkan persepsi bahwa moms atau orang tua pilih kasih, sehingga memicu kecemburuan.

Ikut sertakan si kakak dalam merawat adiknya

foto by : siblings.com

Ketika si kakak memiliki adik baru, moms jangan segan untuk mengajak si kakak membantu merawat adiknya, dengan bantuan – bantuan yang kecil saja, seperti mengambilkan popok atau baju, ajak serta bercanda tertawa bersama adik, sehingga akan menimbulkan rasa kasih sayang kepada saudaranya.

Baca Juga :  5 Cara Mendiamkan Anak Yang Menangis

Ketika adik lahir, meskipun tanpa kita sadari perhatian mungkin lebih besar kepada adik, karena usianya yang lebih kecil, tapi ingat jangan menomor duakan si kakak ya moms, berikan pengertian dan perhatian selalu.

Jangan paksa anak untuk berbagi mainan

Mungkin maksud dan tujuan dari orang tua baik, mengajarkan anak untuk berbagi, namun jika anak masih kecil (balita) anak belum memiliki kemampuan untuk mengerti maksud dan tujuan moms.

Memaksa anak untuk berbagi mainan akan menyebabkan si anak merasa terganggu dengan saudaranya sendiri, menganggap bahwa saudaranya merusak kesenangannya.

Memaksa anak juga menyebabkan mereka tidak mengerti hak – haknya, Dikhawatirkan jika besar nanti ketika anak di rebut hak yang seharusnya miliknya justru ia akan merelakannya begitu saja.

Berikan Reward and Punishment

Sebagai orang tua kita jangan terlalu pelit dan enggan untuk memberikan pujian kepada anak ya moms, jika mereka dapat bersikap dengan baik.

Misalnya jika si kakak mau membantu merawat adiknya, moms jangan segan untuk memberinya pujian didepan adik. Dan sebaliknya jika memang anak melakukan kesalahan entah itu si kakak atau adik, moms bisa memberikan punishment kecil, jangan melimpahkan kesalahan hanya kepada si kakak meskipun usianya lebih tua ya moms, karena dikhawatirkan si kakak merasa bahwa si adik menyebalkan atau mengganggunya, tetap bersikap adil ya moms.

itu dia beberapa tips untuk menghindari pertengkaran dan menghindari kecemburuan kasih sayang antara si kakak dan adik. Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian dan pengertian kepada mereka ya moms. Pertengkaran itu tidak baik terlebih jika berlanjut hingga dewasa. Semoga bermanfaat ya moms.

Artikel Terkait

Bagikan: