5 Tips Perawatan Setelah Melahirkan

foto by : mommydaily.com

Melahirkan adalah sebuah proses luar biasa yang dijalani oleh seorang ibu, mempertaruhkan diri antara hidup dan mati.

Mungkin pasca melahirkan banyak sekali ibu baru, yang tidak memperhatikan penampilan dan berusaha untuk menjauhi cermin.

Tidak bisa dipungkiri, banyak sekali perubahan yang terjadi mulai dari perubahan peran hingga penampilan. Tapi jangan khawatir, berikut ini ada 5 tips perawatan dasar pasca melahirkan yang wajib diketahui :

Perawatan Luka Jahitan

Setelah melahirkan terutama jika melalui proses caesar mungkin akan ada banyak sekali jahitan di bagian perut. Maka dari itu ketika anda melakukan aktivitas harus lebih hati hati, jangan mengangkat beban berat.

Untuk menggendong bayi ketika menyusui, mungkin masih bisa. Namun, jika melebihi berat bayi, sebisa mungkin dihindari, karena bekas jahitan yang masih belum kering dikhawatirkan akan meregang karena belum kuat.

Untu rasa nyeri yang terjadi pada bekas luka jahitan dapat di minimalisir dengan obat penghilang nyeri sesuai resep dokter. Selain itu kamu juga dapat menempelkan bantal hangat disekitar luka sebagai alternatif kedua.

Perawatan Wajah

Mungkin selama proses persalianan, mulai dari kontraksi hingga si buah hati lahir ke dunia, kamu tidak akan punya waktu untuk memperhatikan wajah.

Pasca melahirkan banyak hormon dalam tubuh yang belum stabil sehingga menyebabkan kulit wajah kamu kering dan kusam.

Tapi tidak perlu khawatir, mulailah perlahan untuk membersihkan wajah, gunakan pelembab dan masker yang memiliki banyak kandungan vitamin E. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

baca juga : Manfaat Buah Nanas Untuk Wanita

Perawatan Rambut

rambut sehat
rambut sehat foto by : warta kesehatan

Rambut rontok yang dialami oleh ibu baru pasca melahirkan disebabkan oleh penurunan hormon progesteron dalam tubuh yang mengalami penurunan cukup drastis.

Biasanya kerontokan parah terjadi setelah 3 bulan pasca melahirkan. Maka dari itu diperlukan diperawatan untuk menguatkan rambut kembali, jadi tidak perlu bingung dan khawatir.

Perawatan yang pertama yang bisa dilakukan dirumah,  gunakan produk perawatan rambut rontok mulai dari sampo hingga konditioner.

Kamu juga bisa menggunakan gel tanaman lidah buaya sebagai vitamin tambahan untuk menguatkan rambut. Selain itu memotong rambut setelah nifas berakhir, juga dapat mengatasi kerontokan kamu dan mengubah penampilan kamu jauh lebih fresh.

Penuhi Kebutuhan Gizi

foto by : kumparan.com

Selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang bergizi, terutama yang dapat melancarkan asi. Selama proses melahirkan ibu mengerahkan seluruh energi untuk melahirkan si buah hati kedunia.

Setelah itu ibu juga membutuhkan energi ekstra untuk merawat dan menjaga newborn di malam malam pertama.

Jadi, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan gizi makanan, setiap harinya usahakan untuk konsumsi sayur, buah beserta makanan yang kaya akan protein juga membantu mempercepat pemulihan kondisi tubuh pasca melahirkan.

Perawatan dari sisi emosi

Setelah melahirkan bukan hanya fisik saja yang membutuhkan perawatan, tetapi juga mental harus diperhatikan. Terutama di minggu pertama pasca melahirkan banyak perubahan emosi pada ibu baru, bahkan ada yang mengalami baby blues pasca melahirkan.

Jika dibiarkan terus menerus ibu baru akan mengalami rasa cemas berlebih saat merawat bayinya, bahkan jika dibiarkan terus menerus, ibu baru bisa mengalami depresi postpartum yang bisa membahayakan sang anak, Jadi segera konsultasi kedokter jika gejala baby blues mulai terjadi.

baca juga : tips sebelum melahirkan

Itulah 5 perawatan dasar pasca melahirkan yang perlu kamu ketahui. Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pasangan atau orang terdekat untuk membantu menjaga newborn.

pasca melahirkan kondisi tubuh ibu memang belum stabil. jadi sangat perlu bantuan orang terdekat. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati peran baru sebagai ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *