5 Tips Sebelum Melahirkan

Ani Rufaidah

foto by : nakita.grid.id

Kelahiran si buah hati adalah hal yang sangat ditunggu tunggu bagi setiap orang tua. Setelah Sembilan bulan masa kehamilan kini saatnya menyambut kedatangan bayi.

Terlebih jika ini adalah kelahiran anak pertama. Rasa senang, gugup dan tegang bercampur menjadi satu.

Kelahiran pada umumnya dilakukan dengan dua cara yaitu secara normal dan juga Caesar. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya kamu harus sudah siap melakukan kedua proses dan cara melahirkan tersebut.

Berikut ini ada 5 tips yang harus kamu persiapkan sebelum melahirkan :

baca juga : cara mendiamkan anak menangis

Persiapkan mental

foto by : sehatfresh.com

Sebelum waktu kelahiran tiba, kamu perlu menyiapkan mental dan meyakinkan diri sendiri bahwa segala proses kelahiran nanti akan berjalan baik-baik saja.

Hal ini bertujuan agar ibu tidak mengalami kecemasan berlebih yang dapat membuat kesehatannya menjadi drop.

Cukupi kebutuhan Istirahat dan tidur menjelang proses persalinan. Bahkan jika ibu adalah seorang pekerja, bisa terlebih dahulu mengambil cuti, agar tidak terbebani dengan pekerjaan.

Mengikuti kelas persiapan persalinan

foto by : pampers.co.id

Jika memang dibutuhkan, ibu bisa mengikuti kelas persiapan melahirkan dengan para pakar. Sehingga imenjadi lebih mempersiapkan diri menjelang kelahiran. Jangan ragu untuk bertanya kepada para ahli mengenai hal-hal apa saja yang dibutuhkan ketika menjalani persalinan.

Selain mengikut kelas persiapan persalinan ibu juga bisa mengikuti senam hamil, prenatal yoga untuk memudahkan proses persalinan nantinya.

Senam hamil dan prenatal yoga dapat membantu melancarkan pernapasan selama proses melahirkan, Penting sekali untuk mengetahui teknik dan cara bernapas yang baik, karena napas adalah sahabat terbaik saat proses kontraksi hingga melahirkan nanti.

Baca Juga :  Cara Membuat Jajanan Sehat Murah Meriah Disukai Anak

Lakukan riset dan tentukan pilihan cara persalinan nanti

Mungkin banyak sekali calon ibu yang sebenarnya ingin melakukan proses melahirkan secara normal. Namun, tidak menutup kemungkinan, ada beberapa faktor menyebabkan ibu harus melakukan persalinan secara caesar misalnya karena riwayat penyakit atau kondisi darurat.

Namun ada juga ibu yang memang memilih untuk melakukan persalinan secara caesar karena mempertimbangkan hal tertentu.

Persalinan normal maupun caesar keduanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing masing. Maka, lakukan riset dan pilihlah proses persalinan yang terbaik. Sepakati juga dengan sang ayah.

baca juga : cara menghilangkan candu gadget pada anak

Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi

foto by : kumparan.com

Persiapan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah ibu harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin agar stamina tetap terjaga saat proses persalinan nanti.

Jangan sampai karena terlalu sibuk dengan segudang persiapan menjelang kelahiran buah hati, jadi lupa untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Perbanyak beristirahat terutama tidur

foto by : hallosehat.com

Hal kelima yang perlu dipersiapkan menjelang hari persalinan yaitu jangan terlalu banyak melakukan aktivitas. Perbanyak tidur karena selama proses kontraksi nanti jangankan tidur,makan saja mungkin tidak enak.

Mungkin ada yang ingin menyerah melalui proses ini terlebih jika mengalami kontraksi hingga berjam jam lamanya tanpa painkiller. Jadi, perbanyak istirahat untuk menghadapi proses persalinan nanti ya.

baca juga : nama anak kekinian

Itulah 5 tips yang perlu ibu persiapkan menjelang proses persalinan. Jangan lupa untuk selalu menenangkan pikiran dan berdoa ya agar proses persalinan nanti diberikan kelancaran. Semangat berjuang dan selamat menyambut kelahiran si buah hati.

Artikel Terkait

Bagikan: