Cara Merawat Kulit Pada Telapak Kaki

Kita

Kulit cantik tidak hanya pada bagian kulit wajah dan tubuh saja, namun kamu juga perlu memerhatikan kulit pada telapak kaki. Kulit telapak kaki jauh lebih tebal dibanding kulit lainnya. Apabila tidak dirawat dengan baik, masalah kerap muncul pada kulit telapak kaki seperti kulit kering, kulit tebal dan pecah-pecah. Pecah-pecah pada telapak kaki akan mengurangi kecantikan kulit kaki, terlebih jika kamu menggunakan sepatu terbuka seperti high heels. Tentunya kamu tidak mau kan kulit-kulit pecah menghiasi kakimu?

Kunci utama untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah adalah melembabkan kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk merawat kulit telapak kaki:

1. Air hangat dan garam

Rendam kaki dengan campuran air hangat dan garam. Campuran ini dapat merelaksasi kaki. Garam sangat berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Untuk hasil yang lebih maksimal, gosok kulit kaki dengan menggunakan batu apung. Penggunaan batu apung sangat baik untuk mengikis kulit tebal pada kulit telapak kaki.

2. Minyak zaitun

Kandungan vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun sudah terbukti dapat melembabkan dan merawat kulit kering. Oleskan minyak zaitun pada kulit telapak kaki yang kering dan pecah-pecah. Lakukan hal ini minimal sehari sekali untuk hasil yang maksimal.

3. Kelapa dan garam

Daging kelapa mengandung minyak yang baik untuk melembabkan kulit kering pada telapak kaki. Campuran kelapa dan garam sangat baik untuk melembabkan sekaligus mengangkat sel kulit mati. Parut daging kelapa, lalu campurkan dengan garam. Lalu gosok perlahan pada kulit telapak kaki yang kering.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Menghilangkan Kerutan Pada Kulit Wajah

4. Getah Pepaya

Siapa sangka ternyata selain daging buah dan daunnya, getah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Getah pepaya memiliki kandungan anti bakteri dan mampu mengangkat sel kulit mati sehingga membantu proses pembentukan sel kulit baru dan kulit menjadi lebih halus.

5. Gunakan alas kaki yang tepat

Penggunaan alas kaki yang kurang tepat dapat membuat kulit telapak kaki menjadi kering dan pecah-pecah. Pakailah alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki. Selain itu pilih alas kaki yang berbahan lembut dan membuat kaki nyaman. Jika diperlukan, pakailah kaos kaki untuk menjaga kulit dari gesekan langsung dengan alas kaki. Jangan sampai kakimu menjadi kering dan pecah-pecah hanya karena salah memilih alas kaki ya!

6. Pelembab kulit

Cuaca panas dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan pelembab kulit agar kulit telapak kaki selalu terjaga kelembabannya. Oleskan pelembab secukupnya pada telapak kaki sebelum memakai alas kaki.

Bagaimana sudah tahu kan cara-cara untuk merawat kulit kakimu? Yuk aplikasikan! Agar kulit kakimu cantik dan terawat. Tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memakai sepatu-sepatu terbuka seperti high heels. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags