5 Cara Menghilangkan Candu Gadget pada Anak

Ani Rufaidah

Hidup di zaman milenial dan seba digital banyak mengubah kebiasaan dan pola hidup, bukan saja pada orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Anak-anak yang memiliki kebiasaan bermain, perlahan mulai meninggalkan permainan tradisional dan lebih asyik memaikan gadgetnya hingga berjam-jam. Belum lama ini bahkan ada beberapa kasus anak kecanduan gadget hingga berakibat terganggunya mental anak.

Cara Menghilangkan Candu Gadget pada Anak
Cara Menghilangkan Candu Gadget pada Anak – foto zigy.net

Tak bisa dipungkiri anak adalah perhatian utama orang tua, sehingga banyak orang tua yang jengkel dan marah karena kebiasaan buruk anaknya yang memainkan gadget terlalu lama, bahkan sampai mengabaikan tugasnya untuk belajar, lupa mandi bahkan lupa makan, dan hanya sibuk memainkan gadgetnya.

Nah, untuk menghilangkan kecanduan gadget pada anak terus berlanjut, moms bisa gunakan cara dibawah ini

Memberikan contoh kepada anak

Orang tua dan anggota keluarga lainnya diharapkan tidak bermain gadget ketika berhadapan dengan anak. Saat sedang bersama anak, usahakan tidak membawa atau bermain dengan gadgetnya.

Moms atau anggota keluarga lainnya, bisa melakukan aktivitas lain bersama anak seperti membaca buku, bermain bersama di taman dan lain sebagainya, sehingga perhatian anak pada gadget sedikit demi sedikit mulai berkurang.

Memotivasi Anak

Saat mencoba menghentikan kebiasaan buruk anak bermain gadget, para orang tua diharapkan bersabar dan terus memotivasi anak dengan memberikan pengertian dan mengajak anak untuk berbicara secara langsung.

Sehingga orang tua menjadi mengerti apa yang dibutuhkan oleh anak. Dengarkan cerita mereka. Jangan memberikan anak gadget untuk menghentikan tangisan atau rewelnya.

Luangkan Waktu

Melakukan aktivitas bersama anak seperti bermain dapat mengurangi kecanduan anak pada gadget. Luangkan waktu untuk bermain bersama anak sehingga anak tidak merasa sendiri dan akhirnya sibuk menghabiskan waktunya bersama gadget.

Baca Juga :  Kandungan Susu Formula yang Bagus Untuk Pertumbuhan Gigi Anak

Kenalkan anak pada permainan yang merangsang kemampuan motorik dan berpikirnya. Moms bisa mencoba untuk bermain bersama di taman, atau bahkan berkebun dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu bersama anak. Biarkan anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, bermain dengan teman sebayanya. Dengan pendampingan orang tua anak akan merasa nyaman dan aman.

Kenalkan anak pada tanggung jawab sejak dini

Kenalkan anak dengan kewajiban kecilnya, dimulai dari hal yang mudah seperti mengenalkan anak pada tanggung jawab dalam kegiatan kesehariannya seperti belajar, mengerjakan PR, membereskan mainannya sendiri. Sehingga anak merasa memiliki batasan atau pengingat bagi dirinya sendiri.

Berikan reward jika anak dapat menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik dan punishment jika sebaliknya. Moms bisa memberikan batasan waktu kepada anak untuk bermain gadget dengan sikap tegas.

Jika rasa tanggung jawab sudah melekat pada diri anak, anak akan sadar dengan batasan-batasannya  dan apa yang harus dan tidak boleh dilakukannya.

Les Tambahan

Menghilangkan Candu Gadget pada Anak
Menghilangkan Candu Gadget pada Anak – foto EF English First

Berikan anak kegiatan tambahan seperti Les musik, les bahasa inggris dan lain sebagainya. Sehingga peluang anak untuk bermain gadget dapat berkurang. Waktu anak disibukan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Tidak terbesit dipikirannya untuk bermain dengan gadgetnya. Tidak ada salahnya untuk memberikan kesibukan yang bermanfaat pada anak. Berikan semangat terus kepada anak.

Demikian yang 5 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kecanduan gadget pada anak. Mungkin tidak bisa hilang secara langsung, sedikit demi sedikit, kebiasaan dalam bermain gadget bisa berkurang.

Untuk orang tua harus senantiasa bersabar dalam mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak. Meski sulit kita tetap harus berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan: