5 Cara Agar ASI Keluar Dengan Lancar

Ani Rufaidah

foto by : fimela. com

Air Susu Ibu atau ASI adalah sumber makanan terpenting untuk bayi. Terutama pada bayi yang baru lahir dan belum bisa mencerna sumber makanan lain, ASI sangat menentukan kesehatan dan berat badan bayi.

Mungkin moms pernah mengalami ASI yang tidak keluar dengan lancar sehingga membuat moms kebingungan. Belum lagi ditambah bayi yang rewel dan terus menangis, tenang ya moms jangan panik.

Pada beberapa kasus tertentu, mungkin ada yang mengalami produksi ASI yang tidak lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Nah, moms berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar produks ASI untuk si bayi tetap lancar :

baca juga :cara membuat jajanan sehat

1. Mengonsumsi sumber makanan pelancar ASI

foto by : honestdocs. com

Cara yang pertama adalah dengan memperhatikan sumber makanan yang dikonsumsi setiap hari. Perlu diketahui moms, kualitas ASI sangat ditentukan dari nutrisi makanan yang kita konsumsi sehari hari.

Beberapa jenis sayuran yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI diantaranya kacang kacangan seperti kacang polong, kacang panjang, katuk dan bayam.

Selama masa menyusui, moms bisa menambahkan makanan diatas sebagai menu tambahan untuk meningkatkan produksi ASI.

2. Cukupi kebutuhan mineral, dengan banyak minum air putih

foto by : idntimes.id

Selama masa mengandung dan menyusui, mungkin moms akan merasa lebih cepat lapar dan haus. Hal itu, disebabkan karena nutrisi dari makanan yang kita konsumsi akan terbagi untuk si bayi.

Selain makanan, minum air putih minimal 8 gelas per hari dan mengonsumsi minuman pelancar asi seperti susu almond dapat meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga :  Resep Menu Mpasi Usia 6 Bulan Yang Mudah Dan Menyehatkan

3. Lakukan teknik menyusui dengan benar

foto by : nakita.grid.id

Cara berikutnya, jika dirasa produksi ASI masih belum lancar. Pastikan kamu telah melakukan teknik menyusui dengan benar.

Karena kemungkinan produksi ASI yang tidak lancar disebabkan karena teknik menyusui yang kurang tepat. Periksa kembali posisi mulut bayi apakah sudah menempel atau tidak, menyusui secara bergantian.

Menurut beberapa penelitian, menyusui bayi di malam hari dapat memperlancar ASI karena meningkatnya produksi hormon prolaktin.

4. Memandang si bayi saat menyusui

Mungkin cara yang keempat ini terdengar berbeda. Namun, berdasarkan penelitian memandang si bayi dengan kasih sayang, pada saat menyusui dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin yang dapat meningkatkan produksi ASI.

5. Gunakan Pompa ASI

Jika dirasa ASI memang sulit untuk keluar dengan lancar moms bisa menggunakan bantuan alat pompa ASI, tetapi sebenarnya memberikan ASI dengan DOT tidak disarankan.

Untuk jenis pompa ASI pilihlah pompa ganda dengan mesin untuk memingkatkan produksi ASI. Jika Produksi ASI tetap tidak lancar dan bahkan tidak keluar, moms bisa langsung konsultasikan dengan pakar laktasi.

baca juga :cara menghilangkan kecanduan gadget anak

Itu dia 5 tips yang bisa moms lakukan dirumah untuk meningkatkan produksi ASI. Untuk moms yang baru pertama kali menyusui, jika ASI sulit keluar dengan lancar, jangan langsung panik dan stres ya, sebab akan membuat hormon menjadi tidak seimbang dan ASI semakin sulit untuk keluar.

Tetap tenang dan percaya diri ya moms, konsultasikan dengan ahli atau orang sekitar yang memiliki kasus sama. Berikan ASI kepada anak minimal hingga usia dua tahun, periksakan selalu kondisi dan perkembangan anak pada masa masa penting pertumbuhannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan: