5 Tips Diet Untuk Wanita

Ani Rufaidah

Kesibukan dan aktivitas yang padat, sering kali membuat kamu mengabaikan asupan makanan dan kesehatan tubuhmu. Tidak terkontrolnya, asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya membuat berat badan kamu akan lebih cepat mengalami kenaikan.

Sementara itu, disisi lain setiap orang mendambakan berat badan yang ideal, terutama kaum hawa. Berat badan yang ideal dipercaya dapat membuat seseorang lebih percaya diri dan lebih sehat tentunya.

Tetapi sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi, aktivitas yang padat bukanlah suatu halangan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, berikut ini ada 5 tips diet untuk wanita yang dipercaya ampuh menjaga dan menurunkan berat badan.

Hindari Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

foto by : hallosehat.com

Makanan Instan dan cepat saji memang praktis ya. Tapi segala sesuatu yang praktis belum tentu baik untuk kesehatan, termasuk makanan cepat saji ini. Jika dikonsumsi terus menerus akan mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Disisi lain, semakin bertambahnya usia maka sistem metabolisme tubuh semakin mengalami penurunan.
Makanan cepat saji atau fast food dan makanan instan lainnya, umumnya kurang memperhatikan keseimbangan nutrisi dalam makanan.

Beberapa makanan instan bahkan banyak mengandung bahan pengawet, yang jika dikonsumsi terus menerus akan berdampak buruk pada kesehatanmu. Ada baiknya, kamu memasak sendiri makanan yang sehat dan bernutrisi.

Perbanyak Minum Air Putih

foto by : idntimes.id

Air putih menjadi tips berikutnya untuk melancarkan program diet kamu. Berdasarkan penelitian, minum air putih setidaknya satu gelas kecil sebelum makan dapat membuat makanmu menjadi lebih terkontrol dan kamu akan lebih mudah kenyang.

Baca juga: Manfaat Mengkudu

Baca Juga :  5 Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan

Air putih juga mencegah tubuh dari dehidrasi dan membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari untuk membantu menurunkan berat badanmu.

Olahraga Rutin

foto by : kumparan.com

Tidak hanya dari makanan, olahraga dan gerak aktif juga penting untuk menjaga kesehatan, termasuk membakar lemak berlebih dalam tubuh. Sepadat apapun aktivitasmu, usahakan untuk berolahraga minimal 10 sampai 15 menit setiap harinya.

Olahraga tidak harus di tempat gym, kamu bisa melakukan jogging, lari, bersepeda atau naik turun tangga bisa menjadi pengganti olahraga yang efektif.

Selain untuk menjaga berat badan olahraga juga dapat melancarkan sistem sirkulasi darah, sehingga kamu menjadi lebih semangat menjalani hari.

Seimbangkan Porsi makan

foto by : kompas.com

Mungkin diantara kita masih banyak yang beranggapan bahwa diet adalah memangkas habis porsi makan. Hal tersebut sepertinya kurang tepat, diet adalah mengontrol porsi makan dan menyeimbangkan nutrisi yang ada didalam makanannya.

Selama menjalankan proses diet, kamu diharapkan lebih banyak mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah, dan menghindari makanan instan, cemilan dan makanan cepat saji yang mengandung banyak garam, gula dan pengawet yang dapat membuat berat badanmu lebih cepat naik.

Mengontrol Asupan Gula yang Dikonsumsi

Berdasarkan penelitian, asupan gula berlebih dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan diabetes serta membuat seseorang menjadi obesitas.

Memasuki usia kepala dua, ada baiknya kamu mengurangi asupan gula dan garam, karena gula dan garam yang berlebih akan membuat kamu lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

baca juga :Makanan Tinggi Kolesterol

Itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu menjaga dan menurunkan berat badan kamu. Tidak hanya untuk memperbaiki penampilan, berat badan yang ideal juga dapat membuat kamu menjadi jauh lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Baca Juga :  5 Makanan Penurun Kolesterol

Artikel Terkait

Bagikan: