5 Makanan Tinggi Kolesterol

foto by : liputan6.com

Kolesterol jahat masih menjadi salah satu musuh terbesar untuk kesehatan. Pasalnya, kolesterol dapat memicu terjadinya berbagai serangan penyakit yang mematikan seperti jantung dan stroke.

Makanan memang sumber nutrisi untuk tubuh dan asupan makanan yang kita makan setiap harinya sangat menentukan kesehatan tubuh kita.

Tidak semua makanan yang terlihat sehat bebas dari kolesterol, ada beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi namun berkolesterol tinggi. Jadi, perlu lebih berhati-hati ya dalam memilih asupan makanan.

Nah, berikut ini ada 5 jenis makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi yang wajib kamu ketahui :

baca juga : makanan penambah hb

Telur

foto by : lagizi.com

Telur menjadi makanan pertama yang memicu kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Telur memang sering kali menjadi makanan praktis yang menjadi menu favorit banyak orang.

Pada dasarnya telur adalah makanan menyehatkan yang mengandung banyak protein, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika mengonsumsinya berlebihan, telur dapat menimbulkan permasalahan untuk kesehatan, Mengonsumsi telur sebaiknya 2 hingga 3 butir telur dalam seminggu.

Telur puyuh diyakini adalah salah satu jenis telur yang mengandung kolesterol cukup tinggi dibandingkan dengan jenis telur lainnya.

Organ dalam hewan / jeroan

foto by : daherba.com

Siapa yang suka makan soto babat atau paru goreng? jika kamu adalah pecinta makanan olahan yang berasal dari jeroan, mulai dari sekarang harus dibatasi ya. Pasalnya, jeroan atau organ dalam hewan adalah salah satu sumber makanan tinggi kolesterol.

dikutip dari cnnindonesia.com sepotong hati kecil sapi mengandung 155 mg kolestrol dan 30 gram hati ayam mengandung 130 mg kolesterol.

Organ dalam hewan seperti hati sebenarnya baik dikonsumsi sebagai makanan penambah darah. karena kaya akan kandungan antioksidan, vitamin B12, zat besi dan zinc. Namun jika mengonsumsinya secara berlebihan, makanan jni dapat membahayakan tubuh.

Makanan Laut

foto by : pixabay.com

Siapa yang suka makan kepiting, kerang dan udang? Jika kamu pecinta makanan laut, mulai sekarang perlu dikontrol ya. Makanan laut merupakan jenis makanan yang mengandung tingkat kolesterol cukup tinggi seperti kerang, udang, cumi hingga kepiting. Mengonsumsi makanan laut dalam jumlah yang berlebihan dapat memicu serangan penyakit jantung hingga diabetes.

Menurut penelitian, 3 ons udang mengandung 166 mg kolesterol. tetapi makan makanan laut dalam jumlah yang normal, dapat memberikan manfaat untuk tubuh, karena makanan laut termasuk kedalam jenis makanan dengan sumber protein, vitamin B, zat besi dan juga selenium yang tinggi.

Goreng gorengan

foto by : sindonews.com

Makanan yang digoreng seperti daging goreng, kentang goreng dan segala bentuk makanan yang di goreng menggunakan minyak kelapa sawit mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol tersebut didapatkan dari makanan itu sendiri dan minyak yang digunakan. Jadi, jangan terlalu sering mengonsumsi goren-gorengan ya, terlebih jika minyak yang digunakan sudah kotor.

French Fries

Menurut beberapa penelitian, kentang goreng mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan terjadinya hidrogenisasi terhadap minyak nabati.

Seperti diketahui makanan yang terhidrogenisasi mengandung kadar lenak trans yang tinggi.

baca juga : obat batuk paling ampuh

Itu dia 5 jenis makanan yang dipercaya mengandung kadar kolesterol tinggi, penting bagi kita untuk memilih asupan makanan yang kita makan setiap harinya.

Pola makan sangat menentukan tingkat kesehatan kita, sebab jika makanan tidak terkontrol maka penyakit akan mudah menyerang, karena makananlah yang menjadi sumber nutrisi untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *