5 Obat Batuk Paling Ampuh

Ani Rufaidah

foto by : hallosehat.com

Setiap orang pasti pernah mengalami batuk ya. Batuk adalah gejala yang ditimbulkan dari suatu penyakit. Batuk umumnya dibagi menjadi dua yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

Untuk mencegahnya, kamu harus selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus.

Penanganan untuk kedua jenis batuk tersebut juga berbeda-beda, banyak faktor yang menyebabkan kamu bisa terserang batuk seperti karena infeksi virus, asma, hingga stres. pada pergantian cuaca yang ekstrim biasanya orang lebih mudah terserang batuk.

Berbagai jenis obat batuk mulai dari yang herbal hingga kimia dengan mudah kita dapat jumpai diberbagai apotik. Berikut ini ada 5 obat batuk paling ampuh yang dipercaya dapat meredakan batuk dalam waktu singkat.

baca juga :makanan pereda batuk

Ekspektoran

foto by : honestdocs.com

Ekspektoran adalah salah satu obat batuk berdahak yang berfungsi mengencerkan lendir dari saluran pernapasan. Lendir tersebutlah  yang menjadi penyebab utama kamu kesulitan untuk bernapas.

Ekspektoran bekerja  dengan cara meningkatkan kelembapan pada dinding  saluran pernapasan dan melapisinya agar lendir tidak menempel di dinding dan saluran pernapasan. Contoh  obat batuk jenis ekspektoran ini adalah guaifenesin  dan hypertonic.

Antihistamin

foto by : grid.id

Obat batuk yang kedua ini berfungsi untuk meredakan batuk kering. bekerja dengan cara membantu mengurangi reaksi alergi dengan menghalangi efek pelepasan histamin. Beberapa jenis obat batuk yang beredar di apotik adalah loratidine dan cetrizine.

Dekongestan

foto by : k24klik.com

Batuk memang sangat mengganggu aktivitas ya, baik itu batuk kering maupun berdahak keduanya sama mengganggu. Salah satu penyebab batuk kering adalah alergi dan sinusitas yang menyebabkan post nasal drip belakang hidung mengalir ke tenggorokon, sehingga sering sekali menyebabkan kamu batuk.

Baca Juga :  5 Manfaat Anggur Merah Untuk Kesehatan

Obat batuk yang mengandung dekongestan efektif untuk meredakan batuk kering. Obat ini banyak tersedia di apotik baik untuk anak anak maupun orang dewasa.

Mukolitik

Obat batuk berikutnya adalah mukolitik. Mukolitik adalah salah satu jenis obat batuk berdahak. Mukolitik bekerja dengan cara mengencerkan dahak yang tebal dan lengket agar mudah dikeluarkan.

Untuk mempercepat penyembuhannya memang kamu harus segera mengeluarkan dahak tersebut. Beberapa jenis obat batuk yang mengandung mukolitik adalah bromhexine dan ambroxol.

Obat batuk alami

foto by : honestdocs.id

Obat batuk berikutnya untuk meringankan gejala batuk adalah dengan ramuan herbal. Kamu bisa meraciknya sendiri dirumah. misalnya dengan garam, madu dan lemon.

Garam dipervaya memiliki sifat antibakteria yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab batuk. Kamu bisa mencampurkan setengan sendok makan garam dengan air hangat, lalu kumur-kumur.

Kemudian madu mengandung zat dextromethorphan yang dapat menekan rasa gatal. Kamu bisa mencampurkan madu dengan sedikit air perasan jeruk lemon untuk meningkatkan khasiatnya.

baca juga :Cemilan malam yang menyehatkan

Itulah 5 obat batuk yang terkenal ampuh untuk meredakan batuk. Mulai dari obat herbal hingga yang sering kita beli di apotik. Untuk obat yang sering kita beli di apotik,  jangan lupa untuk memperhatikan dosis dan efek samping yang ditimbulkan obat.

Jika batuk tidak kunjung reda dalam waktu satu atau dua minggu, segera periksakan diri ke dokter, dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit tertentu.

Jaga selalu kesehatanmu dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan nutrisi lainnya, agar sistem kekebalan tubuh tetap tejaga. Mencegah memang lebih baik dari mengobati.

 

Artikel Terkait

Bagikan: