Manfaat Buah Mengkudu yang Punya Banyak Khasiat

Mengkudu merupakan buah-buahan berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Mengkudu mengandung berbagai macam zat, salah satunya adalah kalium, yaitu mineral yang mampu membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

Mengkudu memiliki bau yang menyengat dan rasa pahit, sehingga banyak yang tidak menyukai dan tidak mengetahui ternyata mengkudu menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Terutama untuk mencegah dan mengobati penyakit ringan ataupun berat.

Pada saat ini sudah banyak olahan obat herbal yang berbahan dasar dari mengkudu sehingga akan lebih mudah didapatkan oleh semua orang karena mengkudu memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh kita :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh
Sumber: carsonjulia.blogspot.com

Sari buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan fisik karena dapat merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh (sel T berperan penting dalam melawan penyakit). Faktanya, penduduk Kepulauan Pasifik percaya bahwa memakan buah mengkudu memperkuat tubuh selama perjalanan memancing dan pelayaran yang panjang. Beberapa penelitian menunjukkan efek positif dari minum jus sari mengkudu selama berolahraga.

Sebagai contoh, satu studi 3 minggu memberi pelari jarak jauh 3,4 ons (100 ml) jus mengkudu atau plasebo dua kali sehari. Kelompok yang minum jus mengkudu mengalami peningkatan 21% dalam waktu rata-rata untuk kelelahan, yang menunjukkan peningkatan daya tahan. Peningkatan daya tahan fisik yang terkait dengan jus mengkudu kemungkinan terkait dengan antioksidannya yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selama olahraga.

2. Mencegah Kanker

Antibody
Sumber: faktualnews.com

Buah mengkudu juga bermanfaat dalam mencegah kanker. Dengan kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker. Selain itu, buah mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit
Sumber: hellosehat.com

Jus mengkudu memiliki sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Ini memainkan peran besar dalam meningkatkan kesehatan kulit. Mengkudu juga kaya akan asam lemak esensial yang merupakan bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam esensial ini meningkatkan fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.

Salah satu senyawa yang perlu mendapat perhatian khusus adalah proxeronine, yang membantu dalam produksi senyawa lain yang disebut xeronine. Xeronine menjaga sel-sel tetap sehat. Di samping itu, Xeronine mampu mengembalikan sel-sel abnormal kembali ke keadaan normal.

Jus mengkudu juga dapat membantu mengobati dermatitis pada wajah. Cukup oleskan jus ke daerah yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air tawar. Obat serupa juga bisa membantu mengobati tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. Jus mengkudu bahkan digunakan untuk mengobati jerawat dalam pengobatan tradisional Polinesia.

4. Menurunkan Kolestrol

kolestrol
Sumber: popmama.com

Memiliki tingkat lipid yang abnormal dalam darah Anda adalah faktor risiko yang kuat untuk penyakit kardiovaskular. Karena merokok dapat menyebabkan kolesterol tinggi dari stres oksidatif, para peneliti melakukan penelitian untuk meneliti efek dari mengkudu untuk para perokok. Penelitian ini melibatkan 132 peserta yang digambarkan sebagai perokok berat. Peserta minum jus mengkudu atau plasebo selama sebulan.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam “The Scientific World Journal” edisi 2012 menunjukkan bahwa minum 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu secara signifikan mengurangi kolesterol total dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, bentuk kolesterol yang baik. Mengkudu juga mengurangi lipoprotein densitas rendah, suatu bentuk kolesterol buruk.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

kecerdasan
Sumber: wowkeren.com

Jus mengkudu dikenal untuk mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Sederhananya, mengkudu memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Antioksidan dalam mengkudu melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.

Satu studi di Jepang berbicara tentang bagaimana jus mengkudu dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh stres. Jus mengkudu juga membantu memerangi masalah terkait lainnya seperti stres dan kecemasan. Mengkudu juga dapat membantu dalam pengobatan depresi.

Selain dari 5 manfaat dari buah mengkudu yang sudah disebutkan diatas buah mengkudu masih memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia seperti:
• Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
• Mendukung Kesehatan Jantung
• Mengobati Arthritis
• Anti Mikroba
• Dan masih banyak lagi

Walaupun buah mengkudu memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh manusia seperti buah-buah lain mengkudu relative aman untuk dikonsumsi sebagai makanan atau suplemen.Namun,bukan berarti bebas efek samping,terutama yang telah diolah menjadi ekstrak dan dicampur dengan kandungan obat-obatan lain.

Agar terhindar dari efek samping yang berbahaya, sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsi obat-obatan herbal, termasuk mengkudu, terutama jika Anda:
• Ibu hamil dan menyusui.
• Memiliki kadar kalium tinggi.
• Memiliki penyakit ginjal
• Memiliki gangguan pada organ hati

Berhati-hatilah saat ingin mengonsumsi sesuatu, termasuk bahan alami, seperti buah mengkudu. Pelajari dulu baik-baik jika ingin melakukan pengobatan secara tradisional dengan buah-buahan atau obat herbal. Dan yang terpenting, selalu konsultasikan kepada dokter sebelum memasukkan zat apa pun ke dalam tubuh.

Foto by : pikiran-rakyat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *