5 Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan

Ani Rufaidah

foto by : lagizi.com

Satu jenis telur lainnya yang tak kalah banyak  jumlah peminatnya dari telur ayam adalah si telur bebek. Telur bebek atau biasa yang sering kita makan dalam bentuk telur asin, memang masih menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia.

Pasalnya telur bebek ini memiliki rasa yang lezat dan gurih serta ukurannya yang jauh lebih besar dari pada telur ayam.

Meskipun harga telur bebek jauh lebih mahal dari telur ayam.  telur bebek ternyata lebih banyak mengandung vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C , protein, omega 3, kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, berikut ini adalah 5 manfaat telur bebek untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber  :

baca juga :manfaat porang untuk kesehatan

1. Menyehatkan mata

foto by : zonamakan.com

Berdasarkan penelitian, setiap satu butir telur bebek mengandung 480 IU vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan telur bebek mengandung lebih banyak vitamin A dari pada telur ayam,  vitamin A sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah kerusakan pada bagian mata.

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif, maka penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata.

2.  Menambah Energi

foto by : kalbe.id

Seperti diketahui, telur bebek memiliki kandungan protein yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari telur ayam. Protein sangat dibutuhkan tubuh untuk menambah enegi agar tubuh dapat beraktivitas dengan baik.  Selain protein telur bebek juga mengandung karbohidat.

Biasanya orang mengkonsumsi telur bebek ini sebagai campuran dalam jamu herbal  dan tidak sedikit juga orang yang mengolah telur bebek ini menjadi telur asin. Tapi ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya.

Baca Juga :  Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

3. Melindungi kesehatan organ reproduksi

foto by : hallosehat.com

Manfaat selanjutnya yang mungkin sudah banyak diketahui orang,  adalah telur bebek dapat menjaga kesehatan reproduksi. Telur bebek mengandung zat selenium yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Selain itu, kandungan vitamin E, B 12 dipercaya dapat mengontrol hormon dan meningkatkan kesehatan ovum. Namun, jika kamu sering mengonsumsi telur bebek mentah harus lebih hati-hati, sebab dalam kondisi mentah telur lebih rentan terkontaminasi oleh parasit yang dapat membahayakan kesehatan.

4. Meningkatkan fungsi kinerja otak

Manfaat berikutnya yang bisa kita dapatkan yaitu kandungan omega 3 yang terdapat pada telur bebek dipercaya mampu meningkatkan fungsi dan sistem kerja otak. Mengonsumsi telur bebek dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir serta mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit

foto by : hallosehat.com

Manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan dari telur bebek adalah telur bebek banyak mengandung protein dan zat besi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agat tidak mudah terserang penyakit.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki banyak aktivitas diluar ruangan tidak ada salahnya mengonsumsi telur bebek ini, karena kandungan antioksidan nya mampu melawan tubuh dari serangan penyakit dan juga radikal radikal bebas.

baca juga :manfaat telur ayam kampung

Itu dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari telur bebek, namun perlu di ketahui,  telur bebek mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi.

Maka dari itu jangan mengonsumsi telur bebek secara berlebihan ya, karena dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, jangan terlalu sering mengonsumsi telur bebek ini dalam keadaan mentah, karena rentan terkontaminasi bakteri dan parasit yang membahayakan tubuh. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :  5 Manfaat Buah Kiwano

Artikel Terkait

Bagikan: