5 Manfaat Telur Ayam Kampung

Ani Rufaidah

foto by : joss. id

Telur ayam memang masih menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia sampai saat ini. Berbagai jenis telur mulai dari telur ayam kampung,  ayam negeri dengan mudah bisa kita dapatkan.

Rasanya yang lezat dan mudah diolah, menjadikan telur banyak diminati masyarakat, baik sebagai ladang usaha maupun untuk dikonsumsi secara pribadi.

Sebut saja makanan khas Indonesia yang laris manis dipasaran dan sangat mudah dijumpai dimana mana, yaitu martabak telur.

Salah satu jenis telur ayam yang memang mengandung banyak manfaat dan gizi dibandingkan dengan telur jenis lainnya adalah telur ayam kampung.

Telur ayam kampung mengandung protein, vitamin B1, vitamin D,  asam amino, omega 3, biotin dan zink yang tidak hanya  bermanfaat untuk meningkatkan stamina tetapi juga baik untuk kesehatan.

Berikut ini 5 manfaat telur ayam kampung yang harus kamu ketahui, berikut penjelasannya :

baca juga : manfaat bawang merah

Mencegah kanker

foto by : hallosehat.com

Manfaat yang pertama dari telur ayam kampung adalah dapat mencegah kanker. Menurut penelitian kuning telur ayam kampung mentah, mengandung tripofan dan tirosin yang berfungsi sebagai zat antikanker dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi kuning telur ayam kampung ini dengan campuran jamu herbal dan sejenisnya. Mengonsumsi telur ayam kampung dipercaya dapat menurunkan resiko terserang kanker.

Melindungi kesehatan jantung

foto by : jalansehat.com

Manfaat selanjutnya dari telur ayam kampung adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Telur ayam kampung mengandung zat antioksidan alami.

Antioksidan sangat baik untuk melindungi dan menjaga kesehatan jantung dari pengaruh radikal – radikal bebas.

Untuk kamu yang memiliki permasalahan jantung dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur ayam kampung. Pisahkan putih telur dan kuningnya kamu bisa mengonsumsinya secara matang ataupun mentah.

Baca Juga :  5 Resep Cemilan Sehat

Mencegah Kebutaan dan Katarak

foto by : liputan6.com

Telur ayam kampung mengandung zat karotenoid yang dapat menjaga kesehatan mata serta melindungi kerusakan pada mata yang dapat mengakibatkan kebutaan dan katarak.

Selain itu telur ayam kampung juga bermanfaat untuk menjaga keindahan dan kecantikan mata.

Mengonsumsi telur ayam kampung sangat disarankan untuk usia lanjut untuk mencegah resiko terkena katarak pada mata.

Mengatasi masalah paru paru

Untuk penderita paru paru terutama yang mengalami emphysema,  sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur ayam kampung ini. Telur ayam kampung baik untuk menjaga kesehatan paru – paru.

Mencerahkan wajah

foto by : goldokter.com

Selain untuk kesehatan, manfaat lain dari telur ayam kampung yaitu untuk merawat kecantikan. Dilansir dari manfaat.id putih telur ayam kampung dipercaya dapat mengangkat sel sel kulit mati. Sehingga membuat wajah nampak lebih cerah dan awet muda.

Kamu bisa menggunakan putih telur ayam kampung ini sebagai masker tambahkan sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis telur.

Selain untuk wajah ada juga beberapa penelitian yang menyatakan telur ayam kampung baik untuk menjaga kelembutan rambut.

baca juga :cara menghilangkan cegukan

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari telur ayam kampung. Selain itu, telur ayam kampung juga dipercaya dapat memperbaiki mood dan suasana hati. Tetapi perlu diingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ya, termasuk untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi telur ayam kampung.

Terutama untuk telur ayam kampung mentah, dikhawatirkan terkontaminasi oleh parasit yang dapat membahayakan tubuh. Lebih disarankan untuk mengonsumsinya matang agar lebih aman dan higienis.

Untuk kamu yang memiliki permasalahan kesehatan tertentu atau memiliki alergi terhadap telur, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Baca Juga :  5 Tips Diet Untuk Wanita

Artikel Terkait

Bagikan: