5 Manfaat Buah Porang Untuk Kesehatan

Ani Rufaidah

foto by : porang.co.id

Sekilas Tentang Porang

Satu lagi nama tanaman yang masih asing terdengar ditelinga kita, yaitu porang. Porang atau buah porang memiliki nama latin Amorphophallus Muelleri Blume termasuk kedalam tanaman jenis umbi-umbian yang tumbuh di wilayah Indonesia.

Struktur dari tanaman porang sendiri yaitu porang memiliki tangkai tunggal, dimana tangkai tersebut akan menjulurkan cabang-cabang sebagai daun. porang ini banyak diekspor ke negara China dan Jepang dengan harga yang cukup mahal.

Porang biasanya hanya bisa tumbuh dibawah pohon penyangga seperti jati. Porang yang juga sering disebut suweg ini, ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini 5 manfaat porang untuk kesehatan dirangkum dari berbagai sumber :

baca juga : manfaat buah namnam

Mencegah diabetes

Porang memiliki kadar kandungan gula yang rendah. Tidak seperti buah buahan pada umumnya yang memiliki banyak kandungan gula alami, porang ini justru sebaliknya.

Selain itu, porang juga tinggi akan kandungan serat dan kalori, sehingga cocok dijadikan makanan alternatif untuk penderita diabetes.

Melancarkan sistem pencernaan

foto by : madnmama.com

Menurut penelitian selain rendah gula, porang juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Serat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sering mengonsumsi porang diercaya dapat mencegah kamu terserang penyakit pada saluran pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Porang saat ini memang telah menarik perhatian pemerintah untuk memfokuskan pengembang biakan tanaman ini, sebab tanaman ini banyak diekspor ke negara lain seperti China dan Jepang untuk memenuhi kebutuhan industri makanan disana.

Sumber energi

foto by : tamanmain.com

Manfaat berikutnya yaitu porang dapat menjadi sumber energi karena memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Khasiat Daun Saga Untuk Menyembuhkan Penyakit

Para peneliti dari Institut Pertanian Bogor menyatakan, dalam setiap 100 gram porang mengandung 69 kalori dan 15 gram karbohidrat. sehingga dapat menjadi sumber energi tubuh. Dan juga bisa dijadikan makanan alternatif pengganti nasi.

Mengurangi kadar kolesterol

Menurut beberapa penelitian porang mengandung glucomanan yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

kandungan glucomanan pada buah porang ini juga sering digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat.

Sering mengonsumsi porang dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah  dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung hingga stroke. Porang ini dapat mencegah terserang penyakit tersebut.

Membantu menurunkan berat badan secara alami

foto by : pantangdiet. com

Seperti diketahui porang memiliki kandungan yang tinggi akan serat. Serat yang tinggi selain membuat pencernaan menjadi lebih sehat juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Sebab proses pencernaan makanan berserat lebih baik dengan makanan yang mengandung karbo dan sejenisnya.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan kelebihan berat badan atau sedang menjalankan program diet. Porang dapat menjadi  alternatif makanan pengganti nasi. karena porang kaya akan serat dan juga kalori.

baca juga : manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Itulah 5 manfaat dari porang yang mungkin belum banyak diketahui orang. Karena mungkin keberadaannya juga kurang populer di masyarakat Indonesia

Selain untuk kesehatan, porang juga sebenarnya sangat bermanfaat untuk Mendukung industri kertas, cat, kain. Porang mengandung mannan yaitu campuran larutan untuk membuat bahan kedap air.

Sebenarnya membudidayakan porang saat ini menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan sebab pasarnya masih terbuka lebar. Tidak heran, jika pemerintah saat ini mulai memberikan perhatian lebih terhadap pembudidayaan tanaman porang ini.

Artikel Terkait

Bagikan: