5 MANFAAT BUAH NAMNAM

foto by : dinesh valke

Siapa yang pernah mendengar atau makan buah namnam? Buah namnam memang salah satu buah yang keberadaannya cukup langka, biasanya tumbuh di wilayah India, Malaya dan Indonesia.

Dibeberapa tempat penyebutan dari  nama buah ini cukup berbeda, misalnya di Manado orang menyebut nama buah ini dengan sebutan namute, Makasar disebut puti ajeng dan diwilayah Jawa menyebutnya namnam.

Bentuk dari buah ini cukup unik memiliki warna kuning kehijauan dan ukurannya sebesar ginjal. Rasa buahnya perpaduan antara rasa manis dan asam. Meskipun kurang popular dikalangan masyarakat, nyatanya buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut diantaranya :

baca juga : manfaat buah untuk kecantikan

Mengobati hipertensi

foto by : honestdocs

Penderita hipertensi memang terkadang perlu mengontrol asupan makanan yang dikonsumsinya agar penyakit tidak semakin parah. Hipertensi memang dapat memicu timbulnya penyakit lain seperti  jantung dan stroke, maka dari itu harus  dilakukan pencegahan sejak dini.

Daun dari buah namnam  dipercaya mampu mencegah dan mengobati hipertensi. Kamu bisa meminum air rebusan daun namnam dan tentunya diimbangi dengan menjaga pola makan yang sehat.

Mencegah panas dalam

Buah namnam adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. eperti diketahui vitamin C bermanfaat untuk mencegah sariawan dan gejala panas dalam lainnya.

Menurut penelitian, setiap 100 ml sari buah namnam ternyata mengandung 120 mg vitamin C . Mengonsumsi secara rutin buah ini ternyata mampu mencegah gejala panas dalam seperti sariawan, bibir pecah pecah dan lainnya.

Melancarkan sistem pencernaan

foto by : diarhea.id

Manfaat berikutnya dari buah namnam adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Buah namnam memang kaya akan serat alami, yang dapat merangsang kinerja saluran pencernaan seperti usus dalam mencerna makanan. Memang buah buahan umumnya kaya akan kandungan serat, sehingga jika kita sering mengonsumsinya sistem pencernaan akan lebih lancar.

Karena dikenal ampuh melancarkan sistem pencernaan makan buah namnam ini juga dipercaya dapat mencegah timbulnya beberapa penyakit yang dapat menginfeksi saluran pencernaan seperti wasir, sembelit bahkan kanker pada usus besar.

baca juga : manfaat buah kiwano

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

foto by : hallosehat.com

Buah namnam memiiliki kandungan zat antioksidan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Untuk kamu yang memiliki segudang aktivitas, meminum air rebusan daun namnam secara rutin mampu melindungi dan mencegah tubuh terinfeksi oleh virus dan bakteri.

Mencegah batu kandung kemih

Penyakit berbahaya ini ternyata dapat dicegah dengan mengonsumsi buah namnam secara rutin. Batu kandung kemih adalah suatu penyakit yang menyerang saluran kemih, biasanya penyakit ini berawal dari kebiasaan buruk kita menahan buang air kecil.

Jika tidak ditangani lebih lanjut dan dibiarkan terus menerus penyakit ini dapat berlanjut menjadi gagal ginjal wah berbahaya sekali ya.

Mengonsumsi buah namnam ternyata dapat mencegah terbentuknya batu pada kandung kemih. Selain buahnya kamu juga dapat mengonsumsi secara rutin air rebusan daun buah namnam ini ya.

baca juga : manfaat buah matoa

Itulah 5 manfaat buah namnam untuk kesehatan tubuh. Meskipun memang keberadaannya kurang popular dimasyarakat, namun tidak disangka buah namnam ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Penyakit yang menyerang tubuh kita biasanya disebabkan karena kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus. Untuk itu mulai dari sekarang ubahlah kebiasaan buruk tersebut dan mulailah menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *