5 Makanan Tinggi Vitamin A

Ani Rufaidah

foto by : honestdocs.com

Vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap bekerja dan berfungsi memang bersumber dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya.

Sayur mayur, buah buahan, ikan, daging, susu dan telur adalah beberapa contoh makanan yang  banyak mengandung vitamin dan juga nutrisi yang dibutuhkan  tubuh.

Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin A. Beberapa manfaat yang diperoleh dari vitamin ini diantaranya dapat membantu menyehatkan fungsi mata, kulit dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu kamu harus rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A ini, sebab tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Berikut ini ada 5 makanan yang dipercaya tinggi akan kandungan vitamin A :

baca juga : Makanan Diet Sehat

1. Wortel

 

foto by : manfaat.co.id

Jenis sayuran yang satu ini memang sejak dulu dipercaya baik untuk menjaga kesehatan mata. Ya, hal itu disebabkan karena wortel tinggi akan kandungan vitamin A

Dilansir dari popmama.com satu buah wortel berukuran besar mengandung  12.028 IU Vitamin A. Selain untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A juga dapat membantu mencegah kanker.Wortel biasanya sering kita temukan dalam semangkuk sup lezat dan sehat. Jadi sering sering mengonsumsi wortel ya.

2. Bayam

foto by : shutterstock

Makanan si popeye yang satu ini, selain kaya dengan zat besi dan vitamin B Kompleks, ternyata juga banyak mengandung vitamin A. Menurut penelitian, semangkuk bayam mengandung sekitar 2.813 IU Vitamin A . Wah cukup tinggi ya.

Selain mudah diolah, bayam ini juga menyehatkan ya. Kamu mungkin biasanya menemukan bayam dalam bentuk masakan lezat seperti sayur bayam, campuran gado gado atau diolah menjadi keripik bayam yang sedang trend saat ini, jadi jangan lewatkan untuk menyantap si bayam ini ya.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Vitamin C

3. Ubi

foto by : pingpoint.com

Mungkin saat ini, makanan yang satu ini jarang kita temui ya. Namun, dizaman dahulu makanan ini cukup populer bersama temannya si singkong sebagai makanan alternatif pengganti nasi.

Tidak hanya rasanya yang manis, ubi ternyata juga banyak mengandung vitamin A. Selain itu ubi juga mengandung vitamin C, vitamin B6 dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Mangga

foto by : wongcoco.com

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? mangga buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia ini juga menjadi salah satu buah yang tinggi akan kandungan vitamin A nya untuk tubuh.

Selain vitamin A mangga yang menyegarkan ini juga mengandung beta karoten, kalium, dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan serangan penyakit. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau dijadikan campuran bahan rujak yang menyegarkan.

5. Brokoli

foto by : cashbac.com

Makanan selanjutnya adalah si hijau brokoli, sayuran hijau memang dikenal banyak mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal radikal bebas.

Selain antioksidan si hijau brokoli juga ternyata kaya akan kandungan vitamin A nya. Tidak heran ya, jika para ibu sering sekali menambahkan brokoli sebagai menu makanan untuk anak karena memang menyehatkan.

baca juga :Sayuran Untuk Kecantikan

Selain dari jenis buah dan sayur, vitamin A juga banyak kita bisa dapatkan dari makanan seperti hati sapi, salmon dan juga keju dan beruntungnya lagi makanan tersebut di Indonesia ini sangat mudah bisa kita dapat.

Jadi, jangan lupa untuk menambahkan makanan makanan diatas sebagai menu makan kamu sehari hari ya, Semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait

Bagikan: