5 Jenis Sayuran Untuk Kecantikan

foto by : kumparan.com

Selain buah, sayuran juga termasuk ke dalam makanan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran masuk ke dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna.

Tak kalah dari buah buahan, bahkan ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi.

Selain untuk kesehatan tubuh, tahukah kamu bahwa sayuran juga bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan. Misalnya kandungan vitamin A, C, E, zat antioksidan serta beta karoten yang bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit dan bahkan ada beberapa jenis sayuran yang jika konsumsi secara ruti bisa membuat kamu tampak lebih awet muda.

Berikut ini ada beberapa jenis sayuran yang bermanfaat untuk kecantikan, dirangkum dari berbagai sumber :

baca juga : manfaat buah kiwano

Bayam

foto by : shutterstock

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung nutrisi, serta beta karoten dan lutein yang bermanfaat untuk elastisitas kulit kamu.

Dilansir dari hallosehat.com pada sebuah journal of agricultural food menyatakan bahwa bayam dapat membantu kulit kamu menjadi jauh lebih kencang. Selain itu, bayam juga dapat mencegah tanda tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

Bayam juga kaya akan kandungan fitronutein atau senyawa antioksidan yang membuat kulit kamu terlindungi dari dampak buruk paparan sinar unltraviolet. Kamu bisa mengonsumsi sayur bayam, salad bayam setiap minggunya untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terjaga.

baca juga : makanan pencegah kanker

Brokoli

foto by : cashbac.com

Selanjutnya si hijau brokoli. Brokoli termasuk kedalam jenis sayuran yang tinggi dengan kandungan vitamin A dan B kompleks serta kaya akan vitamin C dan vitamin E, K yang bermanfaat untuk menjaga kesehahatan dan kelenturan kulit.

Mengosnsumsi brokoli setiap minggunya jugadapat meremajakan sel sel kulit yang mati. Asam lemak dan omega 3 serta folat dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak dan mengaktifkan sel-sel kulit yang mati.

Paprika

foto by : manfaat.id

Sayuran berikutnya adalah si paprika. Paprika pada umumnya memiliki warna hijau dan kuning. Paprika kuning atau orange ternyata banyak mengandung karotenoid yang mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Selain itu paprika juga tinggi akan kandungan vitamin A dan C yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu bahkan sama seperti bayam paprika juga dapat mencegah kerutan-kerrutan di wajah.

Pokchoy

foto by ; resepkoki.id

Siapa yang pernah mengonsumsi sayur pokchoy, mungkin sayuran ini masih asing terdengar ditelinga kita ya. Namun, pokchoy yang banyak tumbuh di Indonesia ini ternyata sangat banyak memiliki manfaat untuk kesehatan terutama kulit.

Kandungan vitamin A beta karoten dan zat besi serta senyawa antioksidan yang terdapat pada pokchoy ternyata mampu menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas dan dapat membuat kulit menjadi jauh lebih cerah. Zat besi yang terdapat pada pokchoy sama seperti bayam yang mampu mencegah kamu dari anemia.

Asparagus

foto by : resepkoki.id

Sayuran kelima yang memiliki manfaat untuk kecantikan adalah asparagus. Asparagus adalah salah satu jenis sayuran yang tinggi alkaline kaya akan vitamin A, C dan E, beta karoten dan likopen yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Zat alkaline yang terkandung dalam asparagus dipercaya dapat menyeimbangkan pH kulit sehinnga menurukan resiko terkena permasalahan jerawat, flek hitam dan iritasi. Kamu bisa mengonsumsi asparagus ini menjadi campuran dalam sup yang kamu makan.

baca juga : manfaat buah untuk kecantikan

Itu dia 5 jenis sayuran yang bermanfaat untuk merawat kecantikanmu terutama kesehatan kulit. Konsumsi sayur dan buah secara rutin ya, usahakan selalu ada dalam setiap menu makanan kamu. Jadi, kamu suka makan sayuran yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *