5 Makanan Pencegah Kanker

kanker
foto by : hallosehat. com

Siapa yang tidak terkejut ketika mendengar nama penyakit kanker ini menyerang tubuh. Kanker adalah suatu jenis penyakit mematikan dan mungkin sangat ditakuti oleh hampir sebagian orang.

Pasalnya, penyakit kanker sangat sulit untuk disembuhkan, dan tak jarang penderita kanker berakhir dengan kematian.

Penyakit kanker, sampai sekarang ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya.

Satu-satunya pengobatan kanker adalah si penderita harus melakukan operasi, kemoterapi atau radioterapi untuk membunuh sel kanker ganas ini. Pengobatan dengan cara ini juga tidak bisa menjamin sel kanker akan mati.

baca juga : tips hidup sehat

Namun, ada beberapa cara untuk mencegah penyakit ini datang menyerang, salah satunya yaitu kamu harus menjalankan pola hidup sehat dan perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

foto by : phinemo.com

Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang mampu mencegah penyakit kanker menyerang tubuh kamu, yang dirangkum dari berbagai sumber :

Brokoli

foto by : cashbac.com

Dilansir dari berbagai sumber, brokoli ternyata mampu mencegah sel kanker aktif dalam tubuh.

Menurut penelitian brokoli mengandung zat fitronutrien yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker aktif dalam tubuh.

Brokoli juga mengandung zat sulfuraphane yang dapat mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker payudara.

Brokoli sangat efektif mengurangi resiko terkena penyakit kanker prostat dan kanker usus, bahkan juga tumor.

Bawang Putih

foto by : grid. id

Bawang putih mengandung zat bernama allicin yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Menurut beberapa penelitian orang yang sering mengonsumsi bawang putih memiliki resiko terserang kanker lebih kecil di bandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi bawang putih.

baca juga : manfaat bawang putih

Tomat

foto by : liputan6.com

Zat Lycopene yang terdapat pada buah tomat, ternyata selain menjadikan buah tomat ini berwarna merah, juga mampu membunuh sel kanker aktif dalam tubuh.

Zat lycopene yaitu zat anti oksidan yang terdapat pada buah tomat, terbukti mampu mengurangi terserang kanker prostat. Zat lycopene ini juga terkenal dengan zat anti kanker.

Selain rasanya yang enak, rutin mengonsumsi buah tomat ini juga dapat mencegah tubuh kamu terserang penyakit kanker mematikan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi jus tomat atau dimakan secara langsung.

Ikan Salmon dan Sarden

foto by : ekstranews.com

Selain sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Ikan salmon dan sarden juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin D yang dapat mencegah kanker.

Menurut beberapa penelitian mengonsumsi ikan segar minimal duabkali dalam seminggu ternyata dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Buah beri

foto by : hallosehat.com

Buah berry seperti raspberry dan blueberry ternyata kaya akan kandungan anthocyanin yang dapat mencegah beberapa jenis kanker yang dapat menyerang sistem pencernaan seperti kanker mulut dan kanker usus besar.

Selain mencegah kanker, buah raspberry juga mampu mencegah terjadinya pertumbuhan tumor. Kamu bisa mengonsumsi 1 hingga 2 buah raspberry setiap harinya untuk mencegah terserang penyakit berbahaya ini.

Itu dia 5 jenis makanan yang mampu mengurangi resiko terserang penyakit kanker yang mematikan.

baca juga : manfaat buah kesemek

Selain mengonsumsi beberapa makanan diatas, tentunya kamu juga harus menjalankan pola hidup sehat.

Usahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan kaleng dan makanan tidak sehat lainnya. Makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan berbahaya lainnya untuk tubuh.

Mencegah penyakit itu lebih baik dariĀ  pada mengobati. Semoga kita selalu diberikan kesehatan

terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *