Kenapa Anak Kecil Takut Hantu

Anak kecil takut pada banyak hal salah satunya adalah hantu. Jika anak kecil yang memiliki ketakutan terhadap hantu maka akan berdampak pada kehidupan sehari-harinya. Contohnya, anak kecil akan takut untuk pergi ke toilet sendirian karena takut ada hantu.

hantu
Sumber: Stefan Keller dari Pixabay

Anak kecil juga akan takut tidur sendirian dikamarnya dan harus selalu ditemani. Ini berpengaruh terhadap kemandirian mereka nantinya. Kalau dibiarkan berlarut-larut orang tuanya juga yang akan kerepotan, apalagi kalau ketakutan akan hantu terus terbawa hingga anak menginjak usia remaja.

Ada banyak alasan kenapa anak kecil takut dengan hantu, diantaranya adalah:

Lingkungan Sosial

Sebenarnya, anak kecil tidak tahu kalau hantu itu menyeramkan kalau tidak dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Mungkin dari film horror yang ditonton oleh orang-orang disekitarnya, atau dari cerita temannya di sekolah. Mereka jadi punya gambaran tentang hantu yang menyeramkan dan menjadi takut.

Imajinasi yang kuat dan berkembang

Anak kecil memiliki imajinasi yang luar biasa, tak heran kadang-kadang mereka jadi salah mengartikan apa yangmereka lihat. Misalnya, jika mereka melihat bayangan baju di lemari, mereka menganggapnya hantu yang bersembunyi dilemari. Ini karena anak kecil masih belum bisa membedakan mana yang khayalan dan mana yang kenyataan. Seorang psikiater di NYU Langone menganggap bahwa ada ini merupakan alasan yang wajar jika anak takut hantu.

Baca juga: Kehamilan Sehat Ceger

Gambaran yang mengerikan

Gagasan bahwa hantu adalah mahluk seram yang mengerikan sudah ditanamkan pada kita sejak kecil. Hantu digambarkan sebagai mahluk dengan wujud yang mengerikan, muncul di kegelapan, bisa menembus dinding, menakut-nakuti dan menjahili manusia bahkan bisa balas dendam. Karena anak kecil logikanya belum berkembang dengan sempurna, hal ini membuatnya menelan mentah-mentah semua gambaran hantu menyeramkan ini tanpa benar-benar berpikir.

Salah Didik

Sebagai orang tua yang memiliki anak kecil, sebaiknya kita tidak menakut-nakuti anak-anak dengan hantu. Karena hal ini hanya memunculkan mental penakut pada anak kecil. Kebanyakan orang tua menakut-nakuti anaknya dengan hantu jika mereka melakukan sesuatu yang tidak benar.

Ya, begitulah yang diajarkan pada kita saat kecil, kamu pasti pernah dinasehati untuk tidak keluar saat magrib atau malam karena nanti akan diculik oleh kolong wewe, jangan lakukan ini dan jangan begitu nanti ada hantu yang datang dan menggigitmu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pentingnya Hubungan Ibu dan Anak

Hal-hal seperti ini membuat seorang anak kecil yang belum banyak mengerti akan menjadi takut dan merasa terancam. Anak kecil jadi takut melakukan sesuatu karena menganggap aka nada hantu mengerikan yang muncul, bukan karena mengetahui hal yang dilakukannya adalah salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *