5 Sayur Tinggi Antioksidan

Ani Rufaidah

foto by : manfaat.co.id

Selain buah, satu sumber makanan lainnya yang terkenal dengan  kandungan antioksidannya yang tinggi adalah sayur mayur. Sebelumnya tahukah kamu apakah antioksidan itu? antioksidan secara umum diartikan sebagai suatu molekul yang memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain yang menghasilkan radikal bebas.

Nah, antioksidan ini didapat dari sumber makanan yang kita makan setiap harinya, dan nantinya antioksidan inilah yang akan membantu melindungi tubuh pengaruh buruk radikal bebas.

Berikut ini, ada 5 jenis sayuran yang tinggi akan kandungan antioksidan berikut ini penjelasannya

baca juga : Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Kubis Ungu

foto by : onehealth.id

Apakah kamu sudah pernah makana sayuran yang satu ini? Kubis ungu adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan ini didapat dari kandungan Vitamin C, vitamin A dan K serta zat antosianin. Antosianin akan membantu mengurangi peradangan pada tubuh, menyehatkan jantung dan mencegah kanker.

Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan pada kubis ungu dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kubis putih. Selain itu, kandungan antioksidan pada kubus ungu ini akan naik menjadi empat kali lipat ketika direbus. Jadi, jangan lupa untuk makan kubis ungu ya.

Bayam

foto by : shutterstock

Bayam makanan kesukaan si popeye ini memang terbukti mengandung antioksidan yang tinggi bagi tubuh. Kandungan senyawa lutein inilah yang berperan menjadi antioksidan bagi tubuh.

Senyawa lutein pada bayam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak. Selain itu bayam juga sayuran yang tinggi akan vitamin A, C dan vitamin K serta zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia atau penyakit kekuragan sel darah merah.

Asparagus

foto by : resepkoki.id

Sayuran berikutnya yang kaya akan kandungan antioksidannya adalah asparagus. Sayuran hijau yang satu ini memang memiliki aroma yang khas. Asparagus sering kita makan dalam semangkuk sup hangat.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Protein

Kandungan antioksidan yang terdapat pada asparagus ini ternyata berasal dari glutation, yaitu enzim yang dihasilkan oleh asparagus untuk membentuk antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh.

Wortel

foto by : manfaat.co.id

Sayuran favorit yang memiliki rasa sedikit manis ini memang dipercaya tinggi akan kandungan antioksidannya. Wortel mengandung karotenoid yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari pengaruh buruk radikal bebas. Selain itu wortel juga dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Namun, harus diperhatikan cara mengonsumsi wortel juga berpengaruh terhadap kadar antioksidan dalam wortel. Wortel yang telah direbus lebih tinggi kandungan antioksidannya dibandingkan dengan wortel yang masih mentah. proses perebusan itulah yang mengaktifkan kandungan antioksidan.

Daun Bawang

foto by : jejakwaktu.id

Daun bawang dipercaya mengandung  banyak khasiat untuk kesehatan. Sayuran pelengkap yang memiliki aroma khas ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan B Kompleks, zat sulfur, allium dan flavonoid, yang baik untuk melindungi tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas.

Sering mengonsumsi daun bawang dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah terjadinya gangguan pembuluh darah. Mengolah daun bawang juga jangan terlalu matang ya, agar bahan aktif pada daun bawang tidak terbuang akibat proses oksidasi.

baca juga :manfaat minum yakult

Itu dia, 5 jenis sayuran yang dipercaya tinggi akan kandungan antioksidan. tubuh memang membutuhkan perlindungan agar tidak mudah terserang penyakit. Mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna memang salah satu bagian dari menjaga kesehatan tubuh. So, mulai dari sekarang lebih peduli terhadap kesehatan ya.

Artikel Terkait

Bagikan: