5 Manfaat Sinar Matahari

foto by : shape.id

Siapa yang masih takut panas atau takut hitam karena terkena terik sinar matahari? Sinar matahari tidak selalu buruk, matahari adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk di alam semesta. Tanpa matahari tanaman tidak dapat berfotosintesis untuk mendapatkan makanan.

Sinar matahari pagi mengandung sumber vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, setiap hari kita bisa menikmatinya secara gratis di bumi Indonesia ini. Selain mengandung banyak vitamin D, tahukah kamu jika sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari sinar matahari yang wajib kamu ketahui :

baca juga : manfaat berenang untuk kesehatanĀ 

Menjaga kesehatan tulang

foto by : anggolo.org

Sinar matahari mengandung banyak vitamin D yang salah satu fungsinya dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium sangat dibutuhkan untuk membentuk dan memperbaiki struktur tulang sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit kerusakan tulang seperti rakhitis.

Rakhitis yaitu kelainan tulang pada anak yang disebabkan karena kekurangan vitamin D dan kalsium. Maka dari itu berjemur dibawah terik sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk menyehatkan tulang terutama untuk anak anak.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

foto by : kalbe.id

Manfaat berikutnya dari sinar matahari yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir doktersehat.com, ketika kulit dan tubuh terpapar terik sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih terutama limfosit, dimana limfosit ini berfungsi sebagai antibodi untuk melawan penyakit.

Berjemur selama 10-15 menit dibawah terik sinar matahari pagi selama dua atau tiga kali dalam seminggu dapat mencegah terjadinya resiko terserang penyakit influenza.

Mencegah kolesterol

Angka kolesterol dalam darah yang tinggi adalah sumber utama penyebab terjadinya serangan penyakit mematikan seperti jantung dan stroke. Jadi, kolesterol jangan dianggap sepele ya.

Berjemur dibawah terik sinar matahari pagi dipercaya dapat mengubah kolesterol dibawah kulit menjadi vitamin D. Kemudian kolesterol didalam darah akan dikeluarkan dari darah menuju kulit. wah, luar biasa sekali ya manfaat dari sinar matahari ini.

Membunuh bakteri jahat , virus dan jamur

Manfaat selanjutnya dari sinar matahari yaitu mampu membunuh bakteri bakteri jahat, virus dan jamur dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Bagi penderita TBC, Pneumonia hingga asma, berjemur dibawah terik sinar matahari dapat menjadi terapi untuk penyembuhan penyakit. Jadi, jangan ragu untuk melakukan terapi ini, kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Menjaga kesehatan sistem pernapasan

Berdasarkan penelitian, sinar matahari dapat meningkatkan kemampuan darah untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Sinar matahari dapat meningkatkan jumlah glikogen dalam tubuh sehingga membantu sistem pernapasan bekerja lebih baik.

Mungkin kamu sering melihat bayi berjemur di bawah sinar matahari pagi ya. Sebenarnya, tidak hanya untuk bayi dan balita, sinar matahari juga sangat baik untuk orang daca ewasa.

baca juga : manfaat telur ayam kampungĀ 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sinar matahari yang baik didapatkan pada pagi hari sekitar jam 8 hingga jam 10 pagi. Jika di siang hari paparan sinar matahari beresiko mengandung ultraviolet jahat yang bisa langsung merusak sel sel kulit.

Itu dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berjemur dibawah sinar matahari. ternyata banyak khasiat untuk tubuh mulai dari mencegah beberapa penyakit ringan hingga berbahaya.

Indonesia adalah negeri khatulistiwa, bersyukur selalu karena kita bisa mendapatkan terik sinar matahari setiap harinya secara cuma-cuma. JadiĀ  mulai dari sekarang jangan takut untuk berjemur dibawah sinar matahari ya, karena menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *