5 Makanan Tinggi Vitamin D

Ani Rufaidah

foto by : honestdocs.com

Sama halnya dengan vitamin lainnya, vitamin yang satu ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin D memiliki fungsi utama menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Berdasarkan penelitian, vitamin ini juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, menyeimbangkan tekanan darah dan membantu menguatkan pertumbuhan janin dalam perut.

Seperti diketahui vitamin D ini sebenarnya bisa kita dapatkan secara gratis dari pancaran sinar matahari. Tapi tidak hanya dari sinar matahari, kamu juga bisa mendapatkannya dari 5 jenis makanan berikut ini :

baca jugacara mengolah daging dengan benar

Ikan Kod

foto by : fimela.com

Ikan Kod yang hidup diperairan laut dalam menjadi makanan pertama yang mengandung banyak vitamin D. Selain itu, ikan ini juga tinggi protein, rendah kalori dan kaya akan asam lemak omega 3. Ikan kod dapat membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes serta menyehatkan tulang.

Dalam 100 gram ikan kod mengandung 48 IU Vitamin D. Minyak ikan kod juga dipercaya tinggi akan kandungan vitamin D nya. Satu sendok teh minyak ikan Kod mengandung vitamin D sebanyak 400 IU, sehingga bagus sekali untuk dikonsumsi oleh anak anak hingga dewasa agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Keju Cheddar

foto by : alfachart.com

Siapa yang tidak suka makan keju yang satu ini, makanan olahan dari susu sapi ini tidak hanya lezat tetapi juga banyak mengandung khasiat untuk kesehatan. Keju cheddar mengandung beberaa vitamin dan nutrisi seperti vitamin D, vitamin B12, vitamin E dan juga vitamin K serta kaya akan protein.

Kamu bisa menambahkan keju cheddar ini pada roti, kue atau makanan lain kesukaanmu untuk menambah kenikmatan rasanya. Keju ini mengandung banyak manfaat karena sudah mengalami proses pasteurisasi dalam beberapa waktu.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Kolesterol

Tiram

Tiram atau oyster adalah salah satu jenis makanan yang mengandung zinc tentunya vitamin D. Kandungan vitamin D pada tiram ini lebih tinggi dibandingkan dengan makanan laut jenis lain.

Berdasarkan penelitian, dalam 85 gram tiram yang dikonsumsi mengandung lebih dari 250 IU kadar vitamin D, dimana angka tersebut sudah memenuhi lebih dari 50 persen angka kebutuhan vitamin D harian. Jadi, tiram baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang.

Jamur

foto by : craftlog.com

Makanan yang kaya akan vitamin D satu ini bersumber dari jenis nabati. Jamur adalah sayuran yang banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan menyehatkan.

Dalam 100 miligram jamur mengandung vitamin D sekitar 446 IU. Kamu mengolah jamur ini menjadi pizza, capcay, di tumis atau dibuat menjadi jamur crispy yang lezat.

Telur

foto by : joss. id

Makanan favorit yang satu ini selain tinggi protein juga kaya akan kandungan vitamin D nya yang baik untuk tubuh. Dalam satu butir telur mengandung lebih dari 80 IU Vitamin D yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sekitar 17 persen.

Telur ini menjadi sumber makanan yang lezat dan menyehatkan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, sebab jika terlalu banyak mengonsumsi telur juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Mengonsumsi telur sebaiknya dalam kondisi yang sudah matang. Hal itu untuk menghindari terkontaminasinya telur pada bakteri dan parasit.

baca juga : Tips Hidup Sehat

Itu dia 5 jenis makanan yang menjadi sumber vitamin D untuk tubuh. Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik serta melindunginya dari berbagai macam serangan penyakit dan radikal bebas diluar.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Vitamin B

Artikel Terkait

Bagikan: