5 Buah Tinggi Antioksidan

foto by : webkesehatan.com

Radikal bebas tanpa kita sadari terakumulasi dalam tubuh setiap harinya. Polusi udara, bakteri dan virus yang berada disekitar kita membuat tubuh rentan terserang penyakit.

Untuk itu tubuh kita memerlukan sumber makanan yang bernutrisi dan bervitamin, terutama makanan yang tinggi akan antioksidan. Hal ini karena tubuh butuh senjata untuk menangkal segala pengaruh buruk.

Seperti diketahui, buah buahan adalah sumber makanan yang mengandung antioksidan untuk tubuh, berikut ini ada 5 jenis buah yang dipercaya mengandung antioksidan tinggi, dirangkum dari berbagai sumber

baca juga : manfaat buah kesemek 

Buah Strawberry

thesun.co

Buah merah yang satu ini memang mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan Vitamin C tersebut lah yang kemudian menjadi antioksidan alami bagi tubuh.

Buah ini dapat membantu menguatkan sistem imunitas tubuh terhadap serangan penyakit, mencegah anemia dan menjaga kesehatan serta elastisitas kulit.

Selain vitamin C, kandungan antosianin yang menjadi pewarna merah alami pada buah strawberry ini juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang menjadi faktor utama pemicu penyakit jantung. Berdasarkan penelitian 100 gram buah strawberry mengandung 5,4 mmol antioksidan.

Buah Ceri

foto by : surabayabisnis.com

Siapa yang tidak kenal dengan ceri? Buah ini masih bisa kita temui, walaupun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Hampir mirip dengan buah strawberry, buah yang satu ini juga kaya dengan vitamin C dan zat antosianin nya yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh dan mencegah peradangan.

Mengonsumsi setidaknya 20 butir ceri dalam sehari dapat membantu mengurangi nyeri akibat asam urat dan mencegah kanker.

Buah kiwi

foto by : indonesiantoday.id

Buah berikutnya yang mengandung antioksidan tinggi adalah buah kiwi. Vitamin A dan E yang terdapat pada buah kiwi menjadi zat yang berperan sebagai antioksidan alami untuk tubuh. Kedua zat tersebut akan memberikan perlindungan bagi tubuh dan menangkal radikal bebas.

Selain itu, buah yang kaya akan kandungan serat ini juga mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Buah Anggur

foto by : keynobetsa.com

Buah anggur terutama anggur merah memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis buah anggur lainnya. Hampir semua jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada buah anggur merah ini.

Vitamin A, vitamin E dan K , zat besi, kalium dan asam folat dapat melindungi tubuh dari resiko terserang penyakit mematikan seperti penyakit jantung, diabetes hingga kanker.

baca juga : manfaat anggur merah untuk kesehatan

Buah Blueberry

foto by : planet.com

Buah berikutnya yang tinggi akan kandungan antioksidan adalah blueberry. Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan yang terdapat pada buah blueberry paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah bahkan sayuran lainnya.

Setiap 100 gram buah ini mengandung 9,4 mmol antioksidan. Selain itu, buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan K ini adalah buah rendah kalori, sehingga tepat sekali menjadi pilihan buah untuk menurunkan berat badan.

Buah blueberry memiliki kemampuan meningkatkan fungsi otak yaitu dengan meningkatkan daya ingat, mencegah kanker dan penyakit jantung.

Itu dia 5 jenis buah yang terdaftar menjadi buah dengan kandungan antioksidan tinggi bagi tubuh. Mengonsumsi buah buahan setiap harinya dapat membantu tubuh menjadi jauh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang, dengan tubuh yang kuat dan sehat kamu dapat menjalani hari dengan jauh lebih produktif. Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk menambahkan buah buahan diatas sebagai menu makananmu ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *