5 Alat Kontrasepsi Untuk Wanita

Ani Rufaidah

foto by : smartparenting. com

Beberapa wanita yang sudah menikah, mungkin karena alasan tertentu ingin menunda kehamilan. Misalnya karena ingin memberikan jarak usia anak agar tidak terlalu dekat, alasan gangguan kesehatan yang tidak memungkinkan untuk hamil hingga masalah financial, menyebabkan wanita menggunakan alat kontrasepsi.

Dalam memilih alat kontrasepsi tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan saat ini. Sebab alat kontrasepsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu pilihlah jenis alat kontrasepsi yang aman dan cocok untuk kondisi kesehatan kamu saat ini.

Berikut ini ada 5 jenis pilihan alat kontrasepsi yang bisa kamu gunakan untuk menunda kehamilan :

baca juga :Manfaat Buah Nanas Untuk Wanita

1. Pil KB

foto by : suara. com

Untuk kamu yang berencana menunda kehamilan jangka pendek, pil kb ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, ketika kamu berhenti mengonsumsi pil kb ini, masa subur kamu akan kembali lebih cepat dan memungkinkan kamu untuk hamil kembali.

Ketika kamu memilih pil kb sebagai alat kontrasepsi kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya pil kb biasanya hanya dianjurkan untuk wanita 35 tahun keatas dan masih sehat, bukan perokok dan tidak memiliki riwayat penyakit kardiovaskular.

Ada beberapa jenis pil kb diantaranya pil kb progestin dan campuran dengan estrogen, pilihlah pil kb yang aman dan cocok untuk kebutuhan mu saat ini.

2. KB Spiral atau IUD

foto by : nakita.grid.id

IUD adalah alat berbentuk T yang dimasukan kedalam rahim, digunakan untuk menghalangi sperma membuahi sel telur. Alat KB ini biasanya dapat menunda kehamilan hingga 90 persen.

Baca Juga :  Perawatan Sederhana agar Terhindar dari Jerawat

IUD atau KB Spiral ini dapat digunakan oleh wanita yang memiliki permasalahan gangguan pembuluh darah ataupun kanker. IUD atau KB spiral ini aman dan bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab aman untuk kamu yang memiliki gangguan kesehatan diatas.

Ada dua jenis IUD atau KB Spiral yaitu IUD berlapis tembaga dan IUD yang mengandung hormon progestin.

3. Suntik KB atau KB Implan

foto by : kumparan. com

Untuk kamu yang memiliki rencana menunda kehamilan jangka panjang suntik KB atau KB Implan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Suntik KB atau KB Implan yang mengandung progestin cenderung amam untuk kamu yang memiliki permasalahan pada pembuluh darah karena tidak menyebabkan serangan jantung.

4. Kondom

Alat untuk menunda kehamilan berikutnya adalah dengan kondom. alat ini efektif dapat menunda kehamilan hingga 90 persen. Selain itu, alat ini juga dapat melindungi dari tertularnya penyakit kelamin. Gunakan alat ini dengan benar ya.

5. KB Steril

Kb steril atau biasa disebut dengan tubektomi adalah alat kontrasepsi yang memungkinkan kamu untuk tidak hamil lagi. KB steril untuk wanita atau biasa disebut tubektomi adalah prosedur mengikat atau bahkan memotong tuba falopi (saluran telur) sehingga membuat kamu tidak akan hamil lagi.

KB Steril ini biasanya digunakan oleh orang yang memiliki resiko kesehatan tinggi ketika kehamilan.

baca juga : Tips Mendapatkan Berat Badan Yang Ideal

Itu dia 5 jenis alat kontrasepsi yang bisa kamu gunakan untuk menunda kehamilan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Ada beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan alat kontrasepsi tersebut.

Jadi, lebih prepare dalam memilih alat kontrasepsi yang aman dan tepat untuk kamu gunakan agar tidak mengganggu kondisi kesehatan. Jangan ragu untuk konsultasikan permasalahan kesehatanmu pada dokter ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Inilah 4 Manfaat dari Buah Mengkudu

Artikel Terkait

Bagikan: