Cara Membuat Surat Kesehatan

Ani Rufaidah

Surat kesehatan atau surat keterangan sehat, sekarang ini memang banyak sekali dibutuhkan.

Surat kesehatan ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi yang mensyaratkan calon pegawai harus memiliki fisik yang sehat dan prima.

Tentu saja hal itu dilakukan agar pegawai dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik.

Untuk membuat surat kesehatan ini sebenarnya tidak rumit, kamu hanya perlu mendatangi puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Disana kamu akan mengikuti serangkaian proses medical check up, mulai dari mengukut tinggi dan berat badan, memeriksa kesehatan mata, telinga, tekanan darah hingga organ tubuh penting lainnya.

surat sehat
foto by : irwan.web.id

Biaya untuk membuat surat kesehatan ini berbeda beda, semakin lengkap pemeriksaan maka semakin mahal.

Untuk medapat surat kesehatan dengan biaya yang lebih murah, kamu bisa melakukan pemeriksaan di puskesmas atau rumah sakit umum daerah setempat. Berikut ini adalah beberapa syarat dan tata cara untuk membuat surat kesehatan :

Baca juga : Prosedur Menggunakan BPJS

Langkah Pertama

Sebelum mendatangi puskesmas atau rumah sakit terdekat, jangan lupa untuk membawa KTP atau kartu identitas lainnya untuk melakukan pendaftaran.

foto by : siarandepok.com

Ada juga beberapa puskesmas yang mensyaratkan kamu untuk membawa foto berukuran 3 x 4. Selain itu, jika kamu ingin membuat surat kesehatan di puskesmas ada baiknya kamu datang lebih awal ya, untuk menghindari antrian panjang.

Langkah Kedua

Setelah tiba di puskesmas atau rumah sakit terdekat,  kamu bisa langsung menuju ke bagian pendaftaran dan mengisi formulir dengan lengkap, setelah itu, kamu akan dapat kartu berobat, di bagian pendaftaran ini mungkin kamu juga akan di mintai sejumlah biaya.

Baca Juga :  5 Resep Cemilan Sehat

Langkah Ketiga

Langkah berikutnya,  kamu akan diarahkan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan. Mungkin jika kamu melakukannya di puskesmas, medical check up yang dijalani tidak selengkap pemeriksaan di rumah sakit besar.

foto by : klikdokter.com

Pemeriksaan di mulai dari mengukur tinggi badan, berat badan, tensi darah kesehatan mata dan telinga, bahkan jika dirumah sakit kamu akan melakukan pemeriksaan jantung dan organ tubuh dalam lainnya.

Hal ini untuk memastikan bahwa hasilnya menunjukan bahwa kamu benar benar dalam kondisi sehat.

Langkah Keempat

Terakhir, setelah melakukan serangkaian proses pemeriksaan, kamu harus menunggu beberapa menit untuk mendapatkan hasilnya. Semoga hasilnya sesuai yang di inginkan ya. Mudah bukan?

Itulah beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk bisa mendapatkan surat kesehatan resmi dari puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Kamu juga bisa membuat surat kesehatan di klinik terdekat, namun biaya yang dikeluarkan sesuai harga yang diberikan.

Jangan lupa sebelum melakukan pemeriksaan, kamu perlu menyiapkan tubuh kamu dalam kondisi sehat, bahkan ada beberapa penelitian yang menyarankan kamu untuk berpuasa beberpa jam sebelum melakukan pemeriksaan.

Hal itu dikarenakan, agar kondisi tubuh kamu lebih mudah untuk menjalani pemeriksaan.

Selain digunakan sebagai persyaratan administrasi untuk melamar pekerjaan, surat kesehatan ini juga terkadang di pakai sebagai persyaratan administrasi untuk mendaftar program pendidikan.

Di beberapa kampus atau universitas tertentu mensyaratkan hal tersebut untuk memastikan kesehatan fisik calon peserta didik.

Namun, ada juga beberapa perusahaan atau instansi yang langsung bekerja sama dengan pihak rumah sakit untuk melakukan medical check up kepada calon pegawai atau peserta didik tersebut.

Untuk melakukan pemeriksaan sesuai hasil yang diinginkan. jadi bagaimana, membuat surat kesehatan itu mudah kan? Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Insomnia

 

Artikel Terkait

Bagikan: