Mengenal Kelayakan Bisnis

penampilan

Sebuah bisnis sebelum dijalankan secara total, perlu dinilai terlebih dulu kira-kira layak atau tidak. Nah, untuk melakukan uji kelayakan bisnis, terdapat satu cara yaitu dengan melakukan studi kelayakan bisnis.

Adanya studi kelayakan bisnis ini  sebenarnya diperuntukkan untuk mengetahui dan menganalisis apakah bisnis tersebut direncanakan dengan matang, baik mengenai anggaran, strategi, sumber daya, dan imbal balik dari bisnis tersebut nantinya.

Studi kelayakan bisnis ini biasanya akan dilakukan oleh para konsultan bisnis atau oleh manajer proyek. Untuk mengetahui tahapan apa saja yang harus dilalui dalam studi kelayakan bisnis, hal-hal yang harus diperhatikan, sampai alasan kenapa harus menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan atau jasa studi kelayakan, akan diulas selengkapnya berikut.

Tahapan Dalam Studi Kelayakan Bisnis

kelayakan bisnis
Sumber: Free-Photos dari Pixabay

Dalam studi kelayakan bisnis, para konsultan bisnis akan melakukan beberapa tahapan. Tahapan tersebut bermula dari penemuan ide. Di tahapan ini, untuk menemukan sebuah ide bisnis yang menghasilkan laku di pasaran dan laba tinggi, maka akan dilakukan penelitian yang didukung oleh sumber daya yang bagus.

Nah, tahapan selanjutnya yaitu berupa penelitian atas ide bisnis yang sudah dipilih. Penelitian terhadap ide tersebut berhubungan dengan aspek manajemen, keuanan dan lain-lain. Berlanjut ke tahapan berikutnya, akan dilakukan yang namanya evaluasi. Contoh pada tahapan evaluasi ini dengan mengevaluasi tentang jumlah dana yang akan dikeluarkan dan berapa keuntungan yang akan didapat.

Tahapan selanjutnya adalah mengurutkan usulan rencana bisnis mana yang kira-kira lebih layak. Untuk tahapan ini akan dilakukan perbandingan antara usulan satu dengan yang lain. Jika rencana bisnis telah dipilih, maka akan dibuat yang namanya rencana kerja pelaksanaan. Ini meliputi tentang rencana operasional dan lain-lain.

Baca Juga :  Cara Menganalisis dan Menginterpretasikan Data-data Hasil Penelitian Kualitatif

Tahapan yang terakhir merupakan tahapan pelaksanaan bisnis. Apabila bisnis telah dijalankan tetap perlu adanya evaluasi rutin untuk melihat perkembangan dari bisnis dari berbagai aspek. Misalnya dalam hal pemasaran, produksi, dan operasi.

Hal yang Harus diperhatikan dalam Studi Kelayakan Bisnis

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal penting supaya studi tersebut bisa berjalan dengan baik. Pertama, data dan informasi untuk melakukan studi kelayakan bisnis harus berupa data yang valid. Kedua, dalam melakukan studi kelayakan bisnis, dibutuhkan seorang tenaga ahli yang berkompeten dalam hal ini.

Oleh karena itu, penggunaan jasa studi kelayakan bisnis dari seorang perusahaan konsultan bisnis yang terpercaya haruslah dipertimbangkan. Dalam pemilihan jasa pembuatan studi kelayakan bisnis ini, penting untuk melihat metode apa yang dipakai, dan tingkat loyalitas dari jasa tersebut. Sehingga, bisa dibilang jika pemilihan jasa pembuatan studi kelayakan yang terpercaya juga harus jadi pertimbangan utama.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memilih jasa pembuatan studi kelayakan yang kompeten dan terpercaya setidaknya harus jadi pertimbangan utama dalam studi kelayakan bisnis. Grapadi Group bisa jadi salah satu jawabannya mengingat perusahaan ini adalah perusahaan konsultan bisnis yang telah berpengalaman dalam jasa studi kelayakan bisnis.

Apalagi, Grapadi Group juga telah dipercaya hingga ratusan klien untuk mengurusi proyek bisnis mereka, baik itu di wilayah Indonesia hingga dari mancanegara. Tenaga ahli yang ada di Grapadi Group pun merupakan tenaga kompeten di bidang bisnis selama lebih dari 5 tahun sehingga akan sangat membantu dalam studi kelayakan bisnis.

Bahkan, Grapadi Group bukan hanya mengepakkan sayap dalam hal jasa studi kelayakan bisnis, perusahaan ini telah membantu para kliennya dalam hal riset marketing, penyusunan rencana bisnis jangka panjang, dan lainnya.

Baca Juga :  Dasar-Dasar Analisis yang Diperlukan dalam Melakukan Penelitian

Itulah sekilas penjabaran tentang kelayakan bisnis terutama dalam hal tahapan dan hal apa saja yang harus diperhatikan. Studi kelayakan bisnis jadi hal yang penting untuk dilakukan sebelum mulai menjalankan bisnis, oleh karenanya kamu harus persiapkan dengan matang. Pastikan juga memilihi jasa studi kelayakan yang sudah terpercaya seperti melalui Grapadi Group.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags