Jenis Mixer untuk Adonan Kue

penampilan

Jenis Mixer
Sumber; pressfoto from freepik

Di zaman di mana kecanggihan teknologi telah berkembang dengan pesat, membuat adonan kue sekarang tidaklah susah. Banyak alat-alat dengan teknologi terbaru yang muncul untuk memudahkan proses pengolahan adonan, salah satunya adalah mixer adonan kue.

Mixer tak hanya berguna untuk mengaduk adonan kue saja, namun mesin satu ini juga berpengaruh dengan hasil adonan kue yang mengembang dan tekstur kue yang lembut. Jenis mixer adonan kue yang ada pun sangat bervariasi dengan kegunaan yang berbeda, seperti mixer planetary, mixer spiral, mixer dough, stand mixer, dan hand mixer. Untuk lebih jauh mengenal jenis-jenis mixer tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Planetary Mixer

Dinamakan sebagai mixer planetary, ternyata mixer satu ini mempunyai gerakan yang menyerupai gerakan rotasi planet. Ukuran planetary mixer termasuk paling besar diantara jenis yang lain karena lebih sering digunakan untuk adonan kue dalam jumlah besar. Jenis dari mixer planetary pun cukup beragam mulai dari yang terkecil untuk mengaduk 1 kg adonan hingga 40 kg adonan.

Spiral Mixer

Jika mixer planetary mempunyai keunggulan dengan adukan yang berputar menyerupai planet, spiral mixer mempunyai bentuk spiral pada kepala adukan dan mangkok. Kedua bagian tersebut berputar bersamaan sehingga mampu menghasilkan adonan kue yang bertekstur lembut dan merata. Dengan keunggulannya tersebut, spiral mixer lebih difungsikan untuk mengaduk adonan kue yang bersifat kental.

Dough Mixer

Untuk jenis mixer adonan kue yang ketiga ini mempunyai fungsi yang berkebalikan dengan mixer spiral. Dough mixer lebih banyak difungsikan untuk adonan kue yang cenderung lebih keras hingga menjadi lebih kalis.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Vitamin C

Selain digunakan untuk mengaduk adonan kue, dough mixer biasanya juga dipakai untuk membuat adonan mie. Sementara itu, beater dari dough mixer memiliki bentuk horizontal dan cara berputarnya bersifat satu arah.

Hand Mixer

Berbeda dengan mixer planetary yang berukuran besar, hand mixer mempunyai ukuran yang jauh lebih handy atau praktis. Dengan ukurannya yang kecil tersebut, hand mixer menjadi pilihan kebanyakan ibu rumah tangga yang hobi membuat kue. Disamping itu, dengan bentuknya yang kecil, mengatur putaran serta adukan mixer jauh lebih mudah dan fleksibel.

Stand Mixer

Jenis mixer berikutnya ini hadir untuk melengkapi kekurangan dari hand mixer. Jika pada hand mixer kamu harus menggunakannya dengan manual, dengan stand mixer ini kamu dapat menggunakannya tanpa perlu memegangnya dengan manual. Hal ini dikarenakan stand mixer sudah dilengkapi dengan mangkok tersendiri, sehingga, akan membuat pengerjaan jadi lebih ringan dan lebih stabil.

Nah, dari penjelasan di atas, cukup bervariasi bukan jenis dari mixer adonan kue? Tentunya kamu dapat memilih mana jenis mixer yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kemudian, teruntuk kamu yang tertarik memiliki mixer yang berfungsi untuk adonan kue dalam jumlah besar, kamu bisa dapatkan aneka macam mixer planetary hingga spiral mixer di jayaagungmesin.com. Bukan hanya ukurannya saja yang beragam, range harga yang ditawarkan pun bervariasi dan bisa kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags