Cara Menginstal Aplikasi di Laptop

Wasila

Tidak beda jauh dengan handphone, terkadang kamu juga butuh untuk menginstal aplikasi tertentu di laptop ‘kan? Nah, sebenarnya sangat mudah lho untuk melakukan instalasi aplikasi di laptop. Tetapi, jika kamu memang belum tahu bagaimana caranya, tenang aja, ada cara lengkap untuk menginstal aplikasi di laptop yang bisa kamu simak selengkapnya berikut.

Menginstal Aplikasi Melalui Microsoft Store

Menginstal Aplikasi Melalui Microsoft Store
Sumber: blogpress.id

Mungkin ada diantara kamu yang bertanya-tanya apa itu Microsoft Store. Sebenarnya jika diartikan secara mudah, Microsoft Store ini semacam Play Store yang ada di smartphone Android. Jadi, di Microsoft Store, kamu bisa menemukan banyak aplikasi sekaligus mendownload aplikasi dan menginstalnya.

Hanya saja, Microsoft Store ini cuma bisa kamu temukan di Windows 8 dan Windows 10. Untuk memulai mendownlod aplikasi di Microsoft Store, pertama kamu harus membuka software Microsoft Store dulu ya.

Kemudian, silakan kamu ketikkan di pencarian kira-kira aplikasi apa yang ingin kamu download dan install. Kalau aplikasi yang kamu ketikkan tadi sudah muncul, langsung klik ‘Get’ dan dengan sendirinya proses download akan mulai berjalan.

Jika proses download sudah selesai, biasanya akan muncul tulisan ‘Launch’. Nah, ini berarti jika aplikasi yang kamu download tadi telah berhasil diinstal atau dipasang. Dengan mengklik ‘Launch’, maka aplikasimu siap untuk dijalankan. Mudah banget ‘kan instal aplikasi di laptop dengan Microsoft Store?

Menginstal Aplikasi Melalui File .exe

Kalau kamu pernah mendownload software aplikasi gratis yang ada di internet, pastinya kamu juga tahu dong dengan file berekstensi .exe? Nah, untuk mulai menginstal aplikasi dengan ekstensi .exe ini, kamu harus membuka dulu folder dari aplikasi tersebut. Klik kanan dan pilih ‘Open’ untuk membuka aplikasi tersebut.

Baca Juga :  Energi Gas Alam: Menguak Keunggulan PGN Saka

Berikutnya, kamu akan menemui kotak dialog User Account Control yang berisi persetujuan untuk menginstal aplikasi. Di sini, kamu tinggal klik ‘OK’ saja dan nantinya akan muncul kotak dialog baru untuk memulai instalasi.

Baca juga: Manfaat Buah Bagi Tubuh Manusia

Kamu hanya perlu mengklik ‘Next’ sampai kamu menemukan pilihan ‘Install’. Jika sudah ketemu dengan tulisan ‘Install’, kamu tinggal mengkliknya saja dan tunggu sampai proses instalasi selesai.  Jika ada pertanyaan mengenai lokasi penyimpanan aplikasi setelah diinstal dan pemilihan bahasa, kamu tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Jika proses instalasi sudah selesai, maka kamu tinggal klik ‘Finish’ dan menandakan kalau aplikasi tadi sudah berhasil kamu instal di laptop kamu. Gimana dengan cara kedua ini? Lebih mudah atau lebih sulit nih?

Menginstal Aplikasi Melalui Emulator

Adakah salah satu aplikasi di Android yang ingin kamu instal di laptop? Jika ada, kamu bisa menginstalnya dengan bantuan emulator. Salah satu emulator yang punya kualitas bagus dan banyak digunakan orang adalah NOX Player Emulator.

Untuk memulai melakukan penginstalan, kamu perlu mendownload dan menginstal NOX Player Emulator dulu. Saat proses instalasi emulator, kamu disarankan untuk mematikan anti-virus dulu supaya proses instalasi tidak terhambat atau berhenti di tengah jalan. Jika proses instalasi sudah selesai, kamu bisa memulai menikmati fitur dari Nox Player Emulator.

Di Nox Player Emulator ini, kamu akan mendapati tampilan yang hampir sama seperti di Android dan juga tersedia beberapa aplikasi. Misalnya, Google Play Store, Play Game, dan lain sebagainya. Untuk mendownload aplikasi yang kamu inginkan, tinggal masuk saja ke Google Play Store dan log in terlebih dulu. Setelahnya kamu tinggal memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu download dan instal.

Baca Juga :  Rekomendasi Laptop 2020

Baca juga: Gaya Arsitektur Bangunan Masjid di Indonesia

Oke itu tadi sekilas cara menginstal aplikasi di laptop. Mudah banget ‘kan caranya? Langsung saja yuk praktekin untuk kamu yang memang sedang butuh menginstal aplikasi tertentu. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan: