Gaya Arsitektur Bangunan Masjid di Indonesia

Wasila

Dikenal dengan negara berpopulasi terbanyak dalam hal penganut agama Islam, akan sangat mudah menemukan bangunan masjid di Indonesia. Bangunan masjid yang ada di Indonesia pun punya ciri khasnya tersendiri seperti bentuk kubah hingga jumlah kubahnya yang ganjil.

Selain ciri khasnya yang unik, bangunan masjid di Indonesia juga punya gaya arsitektur yang tak kalah unik. Ingin tahu bagaimana gaya arsitektur dari masjid-masjid yang ada di Indonesia? yuk simak ulasannya di bawah ini ya.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Sumber: independensi.com

Sebagai orang Indonesia, rasanya tidak mungkin kalau tidak tahu tentang masjid negara ini. Masjid Istiqlal juga termasuk masjid terbesar yang ada di Indonesia yang memang ditujukan untuk menampung ribuan jamaah Islam yang beribadah.

Mengenai gaya arsitekturnya, Masjid Istiqlal menerapkan gaya Islam modern dengan adanya bentuk-bentuk seperti kubus dan kubah bola. Hiasan yang ada di Masjid Istiqlal juga terkesan sangat simple dengan ornamen logam krwangan.

Bentuk bangunan Masjid Istiqlal yang nampak terbuka memang dibuat untuk memberikan sirkulasi udara secara alami khas iklim tropis. Di bagian dalam kubah masjid, terdapat hiasan kaligrafi sebagai perpaduan gaya Timur Tengah. Dengan begitu, bisa dibilang jika Masjid Istiqlal ini memadukan gaya arsitektur Indonesia, Eropa, dan Timur Tengah.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Sumber: merahputih.com

Pernah mendengar tentang masjid satu ini? Masjid Raya Baiturrahman ini merupakan masjid yang berlokasikan di Banda Aceh dan selamat dari terjangan bencana tsunami. Banyak yang merasa takjub atas selamatnya bangunan masjid satu ini dari bencana.

Dulunya, Masjid Raya Baiturrahman adalah rancangan Gerrit Bruins, arsitek Belanda yang memilh desain masjid dengan gaya kebangkitan Mughal ditandai dengan adanya bentuk kubah besar serta menara. Lalu, untuk bagian interiornya, Masjid Raya Baiturrahman dipenuhi dengan hiasan relief pada bagian dinding dan pilar.

Baca Juga :  Bangunan Bersejarah di Medan

Baca juga: Kenapa Seorang Anak Putus Sekolah

Bagian tangganya dihiasi oleh marmer dengan desain lantai yang didatangkan langsung dari Tiongkok. Kemudian, bagian jendela kacanya berasal dari Belgia, serta batu-batu bangunannya didatangkan dari Belanda. Bisa dikatakan jika Masjid Raya Baiturrahman punya desain yang berkelas dibandingkan masjid-masjid lainnya di Banda Aceh.

Masjid Al-Irsyad

Masjid Al-Irsyad
Sumber: daruttauhiid.org

Salah satu masjid di Indonesia yang punya keunikan dalam hal arsitekturnya adalah Masjid Al-Irsyad. Masjid ini didirikan di Bandung, tepatnya di Padalarang pada tahun 2009. Dilihat dari luar, masjid ini nampak seperti kubus besar yang sangat unik.

Siapa sangka jika bangunan masjid yang unik ini ternyata dirancang oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Untuk desain arah kiblatnya dibuat terbuka sehingga akan nampak pemandangan alam. Dilihat dari jarak jauh, ada lafaz Laailaha ilallah Muhammad Rasulullah pada bangunan masjid ini yang membuat setiap orang makin takjub dengan Masjid Al-Irsyad.

Tidak hanya sampai disitu, keindahan dan keunikan dari Masjid Al-Irsyad, bagian dalam interior masjidnya juga terdapat lampu yang jumlahnya sebanyak 99 buah. Masing-masing dari lampu itu bertuliskan nama Allah. Berbeda dari masjid kebanyakan, Masjid Al-Irsyad tidak punya tiang atau pilar.

Warna dari masjid ini yang hanya terdiri dari tiga warna, yaitu putih, abu-abu, dan hitam, tetap menjadikan masjid ini terlihat modern, simple, dan elegan. Sehingga, akan tetap menarik perhatian. Jadi, semakin tertarik tidak untuk melihat uniknya Masjid Al-Irsyad?

Baca juga: 5 Aplikasi Membuat Jadwal Pelajaran

Nah, itu dia beberapa masjid yang ada di Indonesia dengan gaya arsitektur yang sangat khas, unik, dan berbeda. Pastikan kalau kamu berkunjung ke salah satu kota tempat masjid-masjid tadi didirikan, sempatkan untuk mendatangi atau beribadah di masjid tersebut ya. Supaya kamu bisa melihat keindahan arsitekturnya secara langsung.

Baca Juga :  Denah Rumah Minimalis

Artikel Terkait

Bagikan: