5 Tips Berhenti Merokok

Ani Rufaidah

foto by : nusantarakini.com

Berdasarkan data dari riset kesehatan Jumlah perokok muda di Indonesia hingga saat ini mencapai lebih dari 60 juta orang. Angka tersebut sangat tinggi dan tentunya membahayakan. Rokok sendiri memang memiliki candu yang cukup kuat karena adanya kandungan nikotin didalamnya.

Beragam peringatan keras sudah banyak beredar mengenai bahaya dari rokok itu sendiri. Dan tidak sedikit juga yang mengabaikannya. Diantara pecandu rokok banyak yang ingin berhenti merokok, namun, masih banyak kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang sudah mendarah daging ini. Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu coba lakukan untuk berhenti merokok

baca juga :Cara Menghilangkan Candu Gadget pada Anak

Tips 1 : CATAT hal penting mengenai tujuan berhenti merokok dan manfaatnya untuk kehidupanmu

foto by : kompasiana.com

Meskipun terdengar klise, tapi ini merupakan bagian yang paling  penting dari segala proses yang akan dilalui untuk berhenti merokok. Proses tersebut memang tidak semudah yang terbayangkan.

Maka dari itu berikan alasan terkuat mengapa kamu harus berhenti merokok, sehingga alasan itulah yang nantinya akan mengontrol diri kamu agar menjauhi rokok.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berhenti merokok contohnya kamu bisa menjalani hidup jauh lebih sehat, menghemat financial, dan lebih bisa mengontrol perasaan.

Tips 2 : Cari produk pengganti rokok

foto by : mybest.id

Diawal proses pemberhentian merokok, mungkin kamu akan merasa kesulitan. Maka dari itu, kamu perlu mengganti rokok dengan makanan lain seperti permen karet.

Baca Juga :  Bahaya Mengonsumsi Daging Berlebihan Untuk Kesehatan

Ketika keinginan untuk merokok kembali lagi, kamu bisa mengonsumsi permen karet bebas gula ini sebagai penggantinya, agar kamu tidak kembali menghisap rokok lagi.

Tips 3 : Carilah hobi atau kegiatan lain yang sesuai dengan passion

foto by : suara.com

Langkah berikutnya adalah lakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Hal ini untuk mengalihkan pikiranmu terhadap kecanduan nikotin. Carilah hobi baru yang menyenangkan, sehingga kamu akan disibukan dengan hobi dan kegiatan tersebut. kemudian perlahan kamu akan melupakan si rokok ini.

Tips 4 : Hindari lingkungan perokok

foto by : hallosehat.com

Tips yang keempat yang harus kamu lakukan, sebisa mungkin untuk menghindari para pecandu rokok aktif. Orang orang ini cukup membahayakan, sebab kamu bisa saja tergoda untuk kembali merokok lagi.

Usahakan untuk tidak berada didekat para perokok aktif ketika mereka sedang merokok. Orang orang yang pro terhadap rokok ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kamu untuk kembali merokok lagi.

Tips 5 : Olahraga

foto by : ruparupa.com

Selain menyehatkan fisik, Olahraga juga dipercaya dapat mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati dan pikiran. Ya pikiran stres bisa saja mempengaruhi kamu untuk kembali lagi merokok.

Aktif bergerak dan berolahraga dapat membantu membersihkan nikotin dan racun dalam tubuh kamu, sehingga kamu akan lebih sehat baik secara fisik maupun psikis.

baca juga :bahaya narkoba untuk kesehatan fisik dan psikis

Itu dia 5 tips yang bisa kamu coba lakukan dirumah untuk berhenti merokok. Jika 5 tips diatas, dirasa belum bisa membantu kamu untuk berhenti dari kebiasaan buruk merokok, kamu bisa mencoba untuk berkonsultasi langsung dengan psikiater atau para profesional, terlebih jika kamu seorang pecandu rokok berat.

Untuk kamu yang tidak merokok, jangan sekali kali mencobanya, sebab untuk menghentikan kebiasaan ini butuh proses yang panjang dan dampak buruk merokok lebih banyak ketimbang dengan manfaat yang bisa kamu ambil. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  5 Keuntungan Memiliki BPJS Kesehatan

Artikel Terkait

Bagikan: