5 Manfaat Buah Lontar

Ani Rufaidah

foto by : khasiatsehat.com

Mungkin banyak orang yang belum tahu tentang buah yang satu ini ya. Buah lontar atau yang dikenal juga dengan sebutan siwalan adalah salah satu buah khas Indonesia timur pulau jawa seperti Madura, Bali, NTT dan NTB.

Untuk yang belum pernah mencicipi si buah lontar ini, buah lontar hampir sedikit mirip dengan buah kelapa tekstur buah lontar ini sangat lembut dan juga menyegarkan. Memiliki biji yang lunak dan berair ketika belum masak.

Selain rasanya yang lembut dan menyegarkan, tahukah kamu bahwa si buah lontar ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini 5 manfaat buah lontar untuk kesehatan tubuh  yang perlu kamu ketahui :

baca juga: manfaat buah namnam

Melancarkan sistem pencernaan

foto by : diarhea.id

Berdasarkan penelitian, buah lontar ini mengandung serat peptin. Serat peptin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, karena ketika sampai di usus besar, peptin akan difermentasikan oleh bakteri baik dalam usus, untuk membentuk asam lemak yang dapat meregenerasi sel.

Mengonsumsi buah lontar dapat mencegah terjadinya penyakit yang menyerang sistem pencernaan seperti sembelit, diare bahkan kanker usus.

Aman bagi penderita diabetes

Buah siwalan atau lontar ini ternyata sangat aman bagi penderita diabetes.  Dikutip dari PakistanJournal Pharmaceutical Sciences tahun 2013 akar lontar yang sudah diekstrak mampu mengontrol kadar gula darah.

Kadar indeks glikemik pada buah lontar juga tergolong cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, yang menyukai buah buahan.

Menjaga kesehatan kulit

foto by : goldokter.com

Manfaat berikutnya dari buah lontar adalah mampu menjaga dan merawat kesehatan kulit. Buah lontar adalah jenis buah yang kaya akan kandungan air, sehingga dapat mencegah kulit kering.

Baca Juga :  5 Makanan Penurun Kolesterol

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa buah lontar dapat mengatasi beberapa penyakit kulit atau dermatitis yang sangat mengganggu.

Tinggi kandungan antioksidan

Buah lontar adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan alami. Antioksidan didapatkan dari kandungan vitamin C dan B1 yang tinggi yang terdapat pada buah lontar atau siwalan ini.

Kandungan antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel sel tubuh dan mencegah penuaan dini., selain itu, mengonsumsi buah ini juga dapat menjaga tubuh agar tidak rentan terserang penyakit.

Isotonik alami untuk tubuh

foto by : grid.id

Di tengah musim kemarau ini buah lontar dapat menjadi salah satu buah yang tepat untuk dikonsumsi karena dipercaya dapat menggantikan cairan cairan tubuh yang hilang.

Kandungan mineral nira lontar yang cukup tinggi inilah, yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mencegah kamu dari dehidrasi.

Mungkin selama ini kamu banyak mengenal minuman isotonik kemasan, Nah nira lontar ini dapat menjadi alternatif pilihan minuman isotonik alami bagi tubuh.

Tips

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat buah lontar untuk kesehatan, sangat di sarankan untuk mengonsumsi buah lontar ini secara langsung ketika sudah dibuka, karena buah ini mudah teroksidasi,jadi jangan dibiarkan terlalu lama. Simpan buah ini didalam kulkas dalam keadaan utuh ya belum dikupas.

baca juga :manfaat buah kiwano

Itu dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari si buah lontar yang dapat hidup hingga 1 abad ini. Buah ini menjadi pilihan yang tepat dimusim kemarau untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dehidrasi. Jadi, jika kamu menemukan buah yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan. semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Bagikan: