5 Manfaat Buah Huni

Ani Rufaidah

Sekilas tentang buah huni

foto by : indonesia.go.id

Siapa yang pernah makan buah huni? buah huni/buni adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di wilayah Asia tenggara dan Australia. Mungkin keberadaannya saat ini sudah mulai cukup langka ya.

Buah yang memiliki nama latin Antidesma bunius ini dibeberapa wilayah memiliki penyebutan nama yang berbeda.

Misalnya di pulau jawa mungkin kamu akan menemukannya dengan nama buah buni, Sumbawa disebut dengan barune, Lampung disebut buah bonia dan Madura disebut dengan buah bumeh.

Buah yang berwarna merah keunguan, dengan ukuran bulat mini ini memiliki rasa asam manis, Tinggi pohon buni sekitar 15 – 20 meter.

Secara struktur, pohon ini sebenarnya juga cocok dijadikan sebagai pioneer untuk program kegiatan peghijauan.

Meskipun buah huni ini berukuran kecil, ternyata banyak manfaat yang bisa kamu dapat, jika sering mengonsumsi buah ini. Berikut ini 5 manfaat buah huni untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber :

baca juga : manfaat saffron 

Mengobati penyakit kulit

foto by : onehealth.id

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui, bahwa buah huni mengandung zat anti inflamasi dan diuretic yang mampu mengobati alergi pada kulit, gigitan nyamuk, bisul dan jerawat.

Cara menggunakan buah huni untuk mengobati penyakit kulit cukup mudah. Pertama, ambil beberapa buah huni, lalu cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Terakhir, oleskan buah huni halus tadi ke sekitar area kulit yang bermasalah.

Melancarkan sistem pencernaan

pencernaan
foto by : doktersehat.com

Manfaat berikutnya dari buah huni adalah buah ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Seperti buah-buahan pada umumnya, buah huni juga memiliki serat yang tinggi.

Baca Juga :  Mengulik Lebih Dalam Tentang Siwak

dimana serat tersebut sangat dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan. Sering mengonsumsi buah huni dipercaya dapat mencegah konstipasi atau sembelit, pada sistem pencernaanmu.

Menjaga sistem imunitas tubuh

foto by : tamanmain.com

Buah huni satu dari sekian banyak buah khas Indonesia yang mengandung antioksidan tinggi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Vitamin C yang berasal dari buah inilah yang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. ditengah kondisi pergantian cuaca yang cukup ekstrim, disarankan untuk sering mengonsumsi buah ini.

Melindungi kesehatan mata

foto by : liputan6.com

Selain vitamin C, buah huni juga kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk melindugi kesehatan dan penglihatan mata. Buah huni ini mampu mencegah kerusakan pada mata seperti mata rabun dan katarak.

Melawan pertumbuhan sel kanker

foto by : hallosehat.com

Manfaat berikutnya yang tidak kalah dengan buah lainnya adalah si buah huni dipercaya mampu mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.

Hal ini tidak terlepas dari antioksidan pada buah huni yang dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dan DNA dalam tubuh.

Kanker yang merupakan salah satu penyakit mematikan ini, ternyata dapat dicegah dengan kandungan zat pada buah huni. Kamu bisa mengonsumsi buah huni dengan cara diseduh air hangat atau bisa juga makan secara langsung.

baca juga lainnya : manfaat buah anggur

Itu dia 5 manfaat buah huni untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Orang tua zaman dahulu mungkin banyak yang mengonsumsi buah huni ini sebagai sambal rujak atau bahkan ada yang mengolahnya menjadi manisan.

Memang, si buah huni ini tidak hanya segar tetapi juga kaya dengan kandungan manfaat untuk kesehatan. Semoga pohon huni ini tetap bisa dilestarikan ya.

Artikel Terkait

Bagikan: