Kulit Kamu Sensitif? Lakukan Hal Ini!

Kita

Kulit Kamu Sensitif? Lakukan Hal Ini!

Kulit sensitif, menurut Dermatologist, merupakan kulit yang sangat kering dan rentan terhadap reaksi kulit, seperti jerawat, benjolan kecil, dan erosi kulit yang memiliki kecenderungan membuat kulit memerah. Kulit yang kering menyebabkan ujung saraf tidak terlindungi dengan baik, sehingga menimbulkan reaksi kulit sensitif. Selain itu, kulit sensitif juga bisa disebabkan oleh gangguan kulit, alergi seperti eksim dan dermatitis. Peningkatan sensitifitas kulit juga bisa disebabkan oleh suhu udara yang panas akibat paparan sinar matahari. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir. Untuk menenangkan dan mencegah peningkatan sensitifitas kulit kamu yang sensitif, kamu bisa melakukan hal-hal dibawah ini.

1. Minum air lemon setiap hari

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membunuh radikal bebas. Air lemon juga dapat membunuh racun-racun yang ada di kulit sehingga dapat membuat kulit bercahaya, halus, tidak keriput, dan lain sebagainya. Kamu bisa memeras lemon ke dalam air hangat dan tambahkan sedikit madu. Minum ramuan tersebut 30 menit sebelum sarapan dengan keadaan perut kosong setiap hari.

2. Pakai tabir surya

Karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan sensitifitas kulit meningkat, pemakaian tabir surya sangat penting. Tabir surya berfungsi menangkal sinar UV yang berbahaya bagi kulit, khususnya kulit sensitif. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih tabir surya, karena kebanyakan mengandung bahan beracun yang membahayakan kulit sensitif. Gunakan tabir surya dengan bahan-bahan seperti zinc oxide dan titanium oksida. Pakai tabir surya secara merata di kulit 30 menit sebelum memulai aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga :  Makeup Sendiri saat Wisuda, Siapa Takut?

3. Gunakan produk perawatan dengan teliti

Kulit sensitif merupakan masalah kulit yang perlu ditangani secara spesial. Hindari penggunaan produk perawatan yang mengandung alkohol, exfoliant keras, natrium lauril silfat, petrokimia, asam, pewarna, atau pewangi sintesis, karena dapat mengakibatkan kulit iritasi. Pilih produk yang lebih ringan seperti produk yang mengandung teh putih, teh hijau, lidah buaya, chamomile, calendula, dan gandum. Intinya, semakin sedikit bahan yang terkandung dalam sebuah produk perawatan kulit, semakin baik untuk kulit sensitif. Kamu tidak ingin kan kulit kamu menjadi memerah dan perih? Maka dari itu hati-hati dalam memilih produk perawatan.

4. Jangan terlalu tebal memakai kosmetik

Memiliki kulit sensitif, bukan berarti tidak bisa memakai makeup. Gunakan bedak yang mengandung sedikit bahan pengawet karena dapat mengiritasi kulit. Hindari penggunaan produk kosmetik yang memiliki sifat tahan air serta mengandung bahan anti penuaan yang kompleks. Pakailah makeup setipis mungkin dan jangan terlalu tebal untuk menghindari iritasi.

5. Gunakan pelembab

Gunakan virgin oil sebagi pelembab alami untuk kulit sensitif. Virgin oil mengandung asam kemak yang dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan. Virgin oil juga dapat melindungi kulit akibat paparan sinar matahari. Caranya adalah oleskan minyak kelapa di wajah, lengan, dan kaki, lalu pijat dengan lembut. Kemudian bilas di pagi hari.

6. Cuci muka dengan susu

Susu merupakan bahan terbaik untuk kulit sensitif. Susu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi menenangkan dan membantu menyembuhkan kulit kering. Hal ini dapat menjaga kelembapan. Caranya, celupkan kapas kedalam susu, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan 5 sampai 15 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.

Menjaga kulit sensitif bisa dilakukan dengan cara-cara di atas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara teratur agar kulit tetap ternutrisi. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Cara Membuat Smokey Eyes untuk Pemula

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags