Atasi Kulit Berminyak dengan Cara Ini

Kita

Atasi Kulit Berminyak dengan Cara Ini

Kulit berminyak sulit untuk dikontrol karena hal tersebut merupakan suatu bawaan lahir atau bisa saja karena hormon yang dipicu seiring dengan pertambahan usia. Terkadang, minyak berlebih di wajah kita membuat kita sangat ‘jengkel’. Salah satu hal yang disebabkan oleh minyak berlebih adalah membesarnya pori-pori. Dengan pori-pori yang besar, kotoran mudah masuk ke dalam kulit. Namun di lain sisi, minyak membawa manfaar seperti mengurangi kekeringan, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga elastisitas kulit. Namun, tentunya kita ingin memiliki kulit yang normal.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu bisa pakai produk perawatan dibawah ini.

1. Cleanser

Gunakan sabun muka yang tidak mengandung pewangi. Bersihkan wajah secara menyeluruh dan bilas tanpa meninggalkan residu. Jangan menggunakan sabun muka yang mengandung bahan yang dapat membuat kulit kering. Untuk memaksimalkan pembersihan, gunakan sikat dengan bulu lembut.

2. Toner

Gunakan toner yang mengandung antioksidan dan tidak mengandung alkohol. Bahan tersebut sangat penting untuk kulit berminyak. Selain itu, berfungsi membersihkan pori-pori, mencegah pori-pori membesar, dan menghilangkan bekas makeup. Tentunya kamu tidak ingin kotoran masih ada di muka kamu sehingga bisa menimbulkan jerawat, kan? Selain itu, toner juga bisa berfungsi sebagai pelembab di siang hari.

3. Exfoliator

Exfoliating atau pengelupasan merupakan proses yang sangat penting untuk kulit berminyak. Kulit berminyak cenderung memiliki kulit mati yang tebal di permukaan. Maka dari itu, pengelupasan merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan tumpukan sel kulit mati dan kotoran tebal didalam pori-pori.

Selain fungsi di atas, exfoliator tentunya dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. Bahan yang paling baik untuk produk exfoliator adalah asam salisilat (BHA). Asam salisilat berfungsi tidak hanya menghilangkan kotoran di permukaan, tetapi sampai kedalam pori-pori, sehingga minyak dapat mengalir lancar ke permukaan kulit.

Baca Juga :  Cara Keriting Rambut dengan Alat Catok

4. Sun Protection

Tabir surya (sun protector) sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit kulit, seperti tanda-tanda penuaan dan kanker. Pilihlah tabir surya yang tidak banyak mengandung minyak, sehingga tidak terlihat terlalu berminyak di wajah kamu. Bayangkan kulit kamu terpapar sinar UV yang menyebabkan penyakit berbahaya tanpa ada proteksi, tentunya kamu tidak menginginkannya bukan?

5. Hydratin

Pada malam hari, pakailah pelembab ringan. Pilihlah pelembab yang tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat memberikan antioksidan untuk wajah kamu. Walaupun sifatnya melembabkan, bukan berarti memberikan efek berminyak yang berlebih bagi kulit kamu. Namun, menggunakan pelembab wajah di malam hari dapat membenahi berbagai kerusakan di kulit wajah.

Kelima produk tersebut, paling tidak dapat membantu dalam mengurangi kadar minyak di wajah tanpa membuatnya menjadi kering. Pakailah produk-produk perawatan tersebut secara teratur untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags